Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu canva terhadap hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati

Riandini, Desi (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu canva terhadap hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (42kB)
[img] Text
3_daftar isi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
4_BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe group investigation berbantu canva terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan non- quivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa di salah satu SMA Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes dan angket respon. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas terlaksana sangat baik. Nilai rata-rata posttest siswa menggunakan model kooperatif tipe group investigation berbantu canva adalah 82,22. Nilai rata-rata posttest siswa tanpa menggunakan model kooperatif tipe group investigation berbantu canva adalah 74,17. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu canva adalah 81,03% dengan kriteria sangat baik dan kelas tanpa model kooperatif tipe group investigation berbantu canva adalah 68,79% dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukan nilai signifikansi 0,001 maka interpretasinya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Model kooperatif tipe group investigation berbantu canva berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati. Model kooperatif tipe group investigation berbantu canva dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar kognitif siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif; Canva; Keanekaragaman Hayati; Group investigation
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Riandini Desi
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:19
Last Modified: 25 Apr 2024 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86521

Actions (login required)

View Item View Item