Hubungan antara permainan tradisional bakiak dengan kemampuan motorik kasar anak usia dini: penelitian korelasi di kelompok b RA Al Gozali Kab. Bandung

Hanifa, Rayhan Nur (2023) Hubungan antara permainan tradisional bakiak dengan kemampuan motorik kasar anak usia dini: penelitian korelasi di kelompok b RA Al Gozali Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di RA Al Gozali Cibiru Kab. Bandung mengenai kemampuan motorik kasar anak yang berbeda-beda atau tidak merata. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru menggunakan metode bermain. Permainan yang digunakan merupakan permainan tradisional bakiak. Kemampuan motorik kasar anak dapat terlihat pada saat permainan bakiak berlangsung. Melalui aktivitas tersebut, ditemukan terdapat beberapa anak yang tidak dapat menjaga keseimbangan dan sering terjatuh. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas permainan tradisional bakiak di kelompok B RA Al Gozali Cibiru Kab. Bandung; (2) Perkembangan motorik kasar anak di Kelompok B RA Al- Gozali Cibiru Kab. Bandung; dan (3) Hubungan antara aktivitas permainan tradisional bakiak dengan perkembangan motorik kasar anak di kelompok B RA Al Gozali Cibiru Kab. Bandung Hasil analisis data menunjukkan aktivitas anak pada permainan tradisional bakiak diperoleh nilai rata-rata 82,50 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan motorik kasar anak usia dini diperoleh nilai rata-rata 78,5 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara kedua variabel dianalisis melalui rumus korelasi product moment sehingga diperoleh r hitung sebesar 0,96 pada interval 0,800 - 1,000 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung = 10,117 > ttabel = 1,859. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas permainan anak usia dini dengan kemampuan motorik kasar anak usia dini di Kelompok B RA Al Gozali Kabupaten Bandung. Kontribusi aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna sebesar 92,16%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat 7,84% kemampuan motorik kasar anak usia dini di kelompok B RA Al Gozali Cibiru Kabupaten Bandung dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Bakiak; Kemampuan Motorik Kasar Anak; Aktivitas Anak
Subjects: Religious Education
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rayhan Nur Hanifa
Date Deposited: 14 May 2024 08:26
Last Modified: 14 May 2024 08:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86600

Actions (login required)

View Item View Item