Implementasi program Keislaman dalam meningkatkan Religiositas siswa : Penelitian pada siswa kelas X di MA Al-Mufassir Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Kamil, Ghulam Insan (2023) Implementasi program Keislaman dalam meningkatkan Religiositas siswa : Penelitian pada siswa kelas X di MA Al-Mufassir Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Nilai-nilai agama di kalangan remaja zaman modern seperti sekarang ini mulai meluntur dibuktikan dengan kerusakan moral dimana-mana dan jauh dari ajaran agama. Hal ini juga terjadi di MA Al-Mufassir yang mana kondisi religiositas siswa kelas X ketika masuk masih dalam keadaan yang kurang baik karena ketika masuk ke MA Al-Mufassir peserta didik berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda-beda dan kebanyakan berasal dari sekolah umum yang tidak terlalu menekankan dan menerapkan sikap religius di dalam pembelajaran yang dilakukan. Maka dengan itu diadakan Implementasi atau pelaksanaan program keislaman dalam rangka meningkatkan religiusitas siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui program keislaman yang diterapkan di MA Al-Mufassir dalam meningkatkan Religiositas siswa (2) mendeskripsikan pelaksanaan program keislaman sebagai upaya meningkatkan nilai Religiositas siswa kelas X di MA Al-Mufassir. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Program Keislaman Dalam Meningkatkan Religiositas Siswa pada siswa kelas X di MA Al-Mufassir. (4) mengetahui hasil dalam Implementasi Program Keislaman Dalam Meningkatkan Religiositas Siswa kelas X di MA Al-Mufassir. Penelitian ini di dasarkan pada kerangka pemikiran bahwa implementasi program-program keislaman di sekolah menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan religiusitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui analisis kualitatif adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa program-program yang diterapkan bahwa (1) Program Keislaman yang ditetapkan di MA Al-Mufassir terdiri dari beberpa kegiatan yakni kegiatan pembiasaan Tilawah Al-Quran, Shalat dhuha, kepesantrenan, shalat dzuhur berjamaah, shalat jumat, shadaqah, perayaan hari besar islam (PHBI), dan pesantren kilat. (2) Kepala sekolah sebagai penentu kebijakan menetapkan diadakannya program keislaman yang kemudian menugaskan bagian kemahasiswaan itu menjadi koordinator pelaksanaan, dibantu oleh guru sekolah untuk membantu mensukseskan dan kemudian siswa MA Al-Mufassir menjadi objek utama yang melaksanakan program-program keislaman yang ditetapkan.(3) Kegiatan ini terdiri dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor penghambat pelaksanaan program keislaman yang pertama adalah dari sikap beberapa siswa dan yang kedua dari keterbatasan guru. Adapun faktor pendukungnya adalah antusiasme dan solidaritas siswa yang tinggi serta fasilitas atau sarana prasarana yang memadai. (4) Hasil dari penerapan program keislaman ini menunjukan hasil yang baik dimana siswa antusias dalam melaksanakan kegiatan dan terlihat peningkatan dari religiusitas siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Religiositas; Program Keislaman
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghulam Insan Kamil
Date Deposited: 02 May 2024 06:23
Last Modified: 02 May 2024 06:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86624

Actions (login required)

View Item View Item