Implementasi dan strategi Pasal 3 Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Surabaya Garut perspektif Siyasah Dusturiyah

Sulaeman, Rizky Saputra (2024) Implementasi dan strategi Pasal 3 Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Surabaya Garut perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini saat pada pra-penelitian adanya temuan dan adanya pernyataan dari kepala desa Surabaya garut beliau menjelaskan terdapat fenomena kurang tepat sasaran pada penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di desa Surabaya garut ini seperti masyarakat yang sudah tergolong Sejahtera masih mendapatkan bantuan tersebut. pada bantuan program keluarga harapan ini (PKH) yang telah ditetapkan menjadi kurang tepat sasaran. pada pasal 3 peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018 tentang program keluarga harapan Sasaran PKH merupakan keluarga dan/atau seseorang yang miskin dan rentan serta terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin, memiliki komponen kesehatan, pendidikan, dan/atau kesejahteraan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan Pasal 3 Permensos Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Surabaya Garut, dari kebijakan perangkat desa dalam memproses dalam penentuan calon penerima bantuan PKH Di Desa Surabaya Garut, serta dari tinjauan siyasah dusturiyah terhadap mekanisme pelaksanaan dan proses penentuan calon penerima bantuan PKH Di Desa Surabaya Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori negara kesejahteraan, teori implementasi kebijakan, dan teori siyasah dusturiyah, sebagai tinjauan untuk menganalisis implementasi Program keluarga harapan di desa surabaya garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder, serta teknik pengumpulan data dengan teknik Observasi, wawancara, studi kepustakaan dan teknik lapangan. Hasil dari penelitian yaitu 1) Implementasi Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan Di Desa Surabaya Garut telah sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri hanya saja belum optimal terlaksanakan karena masih adanya kendala dalam pelaksanaan salah satu nya seperti kurang tepat sasaran. 2) Dari segi strategi implementasi program tersebut telah dilakukan oleh pendamping perangkat desa dan dinas sosial dengan melakukan sebuah edukasi atau sosialisasi yang bertujuan untuk merubah pola pikir dan menambah wawasan bagi penerima program keluarga harapan (PKH) tersebut. 3) Tinjauan siyasah dusturiyah dari pelaksanaan dan strategi yang telah dilaksanakan dari program tersebut di desa Surabaya tentunya dengan adanya program tersebut telah membawa kemaslahatan dan juga telah sesuai dengan beberapa prinsip dari siyasah dusturiyah itu sendiri seperti prinsip keadilan, dan prinsip wewenang dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Program Keluarga Harapan; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rizky Saputra Sulaeman
Date Deposited: 02 May 2024 03:56
Last Modified: 02 May 2024 03:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86632

Actions (login required)

View Item View Item