Hubungan antara motivasi belajar dan dukungan Orang Tua dengan prestasi belajar siswa

Setiawan, Riki (2024) Hubungan antara motivasi belajar dan dukungan Orang Tua dengan prestasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa, dengan motivasi belajar dan dukungan orang tua sebagai variabel independen serta variabel prestasi belajar sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang di gunakan yaitu kuantitatif korelasional dengan responden 70 siswa yang terdiri dari kelas IXA dan IXB dengan jumlah laki-laki 37 dan perempuan 33 siswa. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan yaitu skala motivasi berprestasi McClelland, ISEL (Interpersonal Support Evaluation List). Hasil dari analisis data menunjukkan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar secara signifikan dengan hasil 0,000 < 0,05 yang berkorelasi positif. Kemudian, terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar secara signifikan dengan hasil 0,000 < 0,05 yang berkorelasi positif. Hubungan antara motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar disimpulkan memiliki korelasi dengan persentase korelasi sebesar 95,6% secara signifikan (F Change 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; dukungan orang tua; prestasi belajar;
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Riki Setiawan
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:41
Last Modified: 30 Apr 2024 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86647

Actions (login required)

View Item View Item