Studi bibliografis : Koleksi buku tentang Shalat di Perpustakaan Nasional tahun 1970-2021

Annaufal, Muhammad Farel (2024) Studi bibliografis : Koleksi buku tentang Shalat di Perpustakaan Nasional tahun 1970-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis koleksi buku panduan shalat di Perpustakaan Nasional pada tahun 1970-2021 dengan menggunakan pendekatan studi bibliografis. Dalam sejarah, peran intelektual Islam di Indonesia sangar berpengaruh besar terhadap perkembagan Islam itu sendiri. Demikian mengetahui pemikiran dan keberadaan intelektual Islam di Indonesia merupakan hal penting untuk mengetahui corak Islam yang berisnggungan dengan keberadaan buku-buku dan kependidikan Islam di Indonesia. Transformasi intelektual Islam dalam ranah perbukuan dan kependidikan merupakan salah satu dari sekian banyak bentuk perubahan yang terjadi pada peradaban Islam. Buku panduan atau tata cara shalat adalah salah satu dari hasil transformasi dan perubahan yang diberikan oleh Intelektual Islam. Penelitian ini berusaha mengkaji koleksi buku-buku panduan shalat yang ada di Perpustakaan Nasional pada tahun 1970-2021. Sebagai sebuah karya sejarah, maka metode penelitian sejarah akan digunakan untuk mengkaji topik terkait. Tahapan-tahapan penelitian sejarah dari mulai Heuristik (penelusuran sumber sejarah), Kritik (verifikasi sumber sejarah), Interpretasi (penafsiran sumber sejarah), hingga Historiografi (penulisan sejarah), dilakukan penulis untuk mendapatkan hasil penelitian yang diakhir akan dalam satu-kesatuan dalam bentuk karya ilmiah berupa skripsi. Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama Buku-buku shalat terbagi kepada beberapa klasifikasi diantaranya fikih, psikologi dan saintifik. Kemudian peran Intelektual Islam dalam penerbitan dan lahirnya sebuah buku memiliki kedudukan yang sangat penting. Buku dan pendidikan adalah salah satu dari sekian banyak bentuk perubahan yang terjadi dan dipengaruhi oleh Intelektual Islam. Maka dalam hal ini buku-buku Islam merupakan karya dari pemikirian, ide dan gagasan yang dimiliki oleh para Intelektual Islam. Buku panduan shalat merupakan salah satu dari karya tersebut yang kemudian penting untuk ditelusuri keberadaanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intelektual Islam; Buku; Panduan Shalat;
Subjects: Library and Information Sciences > History of Libraries
Operations, Archieves, Information Centers > Bibliographic Analysis and Control
Operations, Archieves, Information Centers > Library Catalog
General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines > Government Libraries
Islam > Islamic History
World History, Civilizations
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: muhammad farel annaufal
Date Deposited: 02 May 2024 06:43
Last Modified: 02 May 2024 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86732

Actions (login required)

View Item View Item