Partisipasi Politik Mahasiswa : Studi kasus mahasiswa anggota organisasi ekstra kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Riswandani, Yusuf (2023) Partisipasi Politik Mahasiswa : Studi kasus mahasiswa anggota organisasi ekstra kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.Bab I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
6. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
7. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB V)
8. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keseluruhan partisipasi politik mahasiswa dan sudah sejauh mana partisipasi politik mahasiswa ini terlaksana di program studi yang peneliti teliti, terutama dalam lingkup anggota Ekstra Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Bandung, selain itu, peneliti juga mencoba untuk mengambil satu indikator yang Dimana dirasa selaras dengan partisipasi politik yang berada di lingkup mahasiswa. Selain itu, peneliti juga ingin meneliti sudah sejauh mana partisipasi politik mahasiswa anggota organisasi ekstra yang berada di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik ini, dan partisipasi politik yang mana yang menjadi partisipasi politik yang paling dominan dan yang paling sedikit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, Dimana peneliti nantinya akan mendeskripsikan soal bentuk partisipasi politik yang ada di ruang lingkup yang peneliti lakukan, dari tertinggi, terendah dan Tengah-tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur/kajian dan Teknik observasi lapangan dengan random sampling yang menggunakan kuesioner. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase. Simpulan penelitian ini adalah (1) Partisipasi politik yang dilakukan oleh anggota organisasi ekstra kampus Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu politik adalah delapan bentuk partisi politik, seperti aktif dalam partisipasi politik, ikut serta dalam pemilihan, pernah memberi kritik/saran terhadap pejabat, pernah ikut diskusi & mencari informasi seputar kebijakan dan politik, ikut andil dalam partai, mengikuti LSM atau organisasi politik, ikut serta dalam Gerakan aksi massa dan menduduki jabatan politik. (2) Bentuk partisipasi politik yang menjadi mayoritas dilakukan oleh responden adalah senantiasa ikut serta dalam diskusi dan mencari informasi seputar politik. (3) Kategori partisipasi politik yang menengah atau sedang adalah partisipasi politik mahasiswa dalam Lembaga Swadaya Masyarakat atau Organisasi non-partai politik, ikut andil dalam pemilihan, senantiasa menghubungi pejabat dan turun dalam aksi massa. (4) Bentuk partisipasi politik yang terendah adalah apatisnya responden, ikut serta dalam satu partai, dan menduduki jabatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik; Pemuda; Mahasiswa; Organisasi Ekstra
Subjects: General Organizations in Indonesia
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Political Institutions
Political dan Government Science
Civil Rights
Political Process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Yusuf Riswandani
Date Deposited: 03 May 2024 02:04
Last Modified: 03 May 2024 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86750

Actions (login required)

View Item View Item