Mubarokan, Anzilnie Munzalan (2023) Persepsi mahasiswa terhadap pesan dakwah melalui video ceramah dalam fitur For You Page di media Tiktok: Studi deskriptif pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial merupakan sebuah media komunikasi yang sudah berkembang seiring dengan berjalannya zaman. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, tetapi juga sudah mulai digunakan sebagai media untuk mengakses berita, atau informasi bahkan berdakwah juga sudah mulai menggunakan media sosial. Media sosial ini terdapat beberapa jenis, contohnya facebook, Instagram, youtube, tiktok, dll. Salah satu media yang banyak digunakan adalah tiktok. Aplikasi tiktok ini memiliki sebuah fitur yang bernama FYP (For You Page). Fitur ini merupakan sebuah halaman rekomendasi yang disediakan oleh tiktok, sehingga orang-orang akan melihat video-video melalui fitur FYP tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perhatian mahasiswa terhadap pesan dakwah melalui video ceramah dalam fitur FYP di tiktok, pemahaman mahasiswa terhadap pesan dakwah melalui video ceramah dalam fitur FYP di tiktok dan juga penafsiran mahasiswa terhadap pesan dakwah melalui video ceramah dalam fitur FYP di tiktok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa teori pemaknaan atau (Reception Theory) untuk mengetahui pesan apa yang diterima oleh masyarakat terhadap video yang disampaikan oleh pembuat video. Selain teori pemaknaan ada pula teori pendamping yaitu teori new media, dalam teori ini menjelaskan terkait media baru yang kita gunakan, karena pada jaman dahulu perangkat teknologi atau internet ini belum ada. Sehingga penelitian ini memakai teori pendamping yakni teori new media. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif untuk mengungkapkan peritiwa ataupun fakta, keadaan yang terjadi selama penelitian ini berjalan. Teknik data yang dikumpulkan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhatian mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap pesan dakwah melalui video ceramah dalam fitur FYP di tiktok sudah cukup baik berdasarkan data dari seringnya mahasiswa tersebut menonton video ceramah, ingatan mahasiswa terhadap pesan dakwah, tentang menonton ulang video ceramah dan tentang menyimpan atau mendownload video ceramah yang ada di FYP tiktok. Pemahaman mahasiswa yang diantaranya tentang menjelaskan dan juga menyimpulkan pesan dakwah dari video ceramah yang mereka lihat di FYP tiktok. terakhir adalah penafsiran yang mahasiswa UIN Sunan gunung Djati terhadap pesan dakwah melalui video ceramah dalam fitur FYP di tiktok juga sudah sangatlah bagus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi; Pesan Dakwah; Video Ceramah; Fitur For You Page |
Subjects: | Communications Telemunications Communications Telemunications > Wireless Communications Communications Telemunications > Telephon |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | anzilnie munzalan mubarokan |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:49 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86771 |
Actions (login required)
View Item |