Pola adaptasi mahasiswa Papua dengan masyarakat sekitar di Kota Bandung : Studi pada Ikatan Mahasiswa se-Tanah Papua Bandung Jawa Barat

Salsabillah, Syafa (2024) Pola adaptasi mahasiswa Papua dengan masyarakat sekitar di Kota Bandung : Studi pada Ikatan Mahasiswa se-Tanah Papua Bandung Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Kota Bandung merupakan salah satu wilayah yang dikenal sebagai Kota Pelajar. Hal ini terjadi karena banyaknya sarana edukasi seperti sekolah dan perguruan tinggi yang terdapat di dalamnya. Kondisi inilah yang mendorong minat para siswa untuk melanjutkan studinya di kota tersebut, tak terkecuali dengan mahasiswa Papua yang memilih untuk menetap di Kota Bandung untuk sementara waktu. Terdapat perbedaan antara mahasiswa Papua dengan masyarakat lokal yang mengharuskan mereka untuk dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang menjadi penghambat bagi mahasiswa Papua dalam melakukan proses adaptasinya. Berdasarkan persoalan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah: (1) menemukan dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh mahasiswa Papua dalam beradaptasi; (2) menggambarkan bentuk adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa asal Papua; serta (3) mengetahui dan mengkaji upaya IMASEPA dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam beradaptasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini bertempat di Asrama Kamasan II, Jalan Cilaki, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Objek penelitian ini sebanyak lima orang yang terdiri dari mahasiswa Papua yang tergabung di dalam organisasi IMASEPA dan sedang berkuliah di Kota Bandung. Analisis hasil penelitian menggunakan Teori Adaptasi Sosial dari Robert K. Merton. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa aspek yang menjadi faktor pendukung dalam proses adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa Papua, yaitu: (1) Karakteristik masyarakat Kota Bandung; (2) Faktor cuaca; dan (3) Beasiswa ADik (Afirmasi Dikti). Di sisi lain tak sedikit pula hambatan-hambatan sosial yang harus dihadapi oleh mahasiswa Papua selama menimba ilmu di Kota Bandung. Hambatan tersebut terjadi karena adanya perbedaan lingkungan sosial dan budaya antara mahasiswa asal Papua dengan masyarakat sekitar di Kota Bandung. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat tersebut ialah: (1) Faktor Bahasa; (2) Faktor Makanan; (3) Homesickness; serta (4) Stereotip. Bentuk strategi adaptasi sosial yang diupayakan oleh Mahasiswa Papua agar dapat bertahan di Kota Bandung adalah: (1) Membangun relasi dengan mahasiswa lainnya dan juga masyarakat Kota Bandung. (2) Melakukan Kegiatan Bakti Sosial yang dapat bermanfaat bagi pihak lain sekaligus menunjukkan eksistensi mereka agar stereotip yang terdapat di masyarakat dapat diminimalisir. (3) Melakukan kegiatan dan hobi positif bersama teman asal Papua maupun dengan teman yang lainnya yang terdapat di kampus. Mereka mencoba untuk lebih produktif dan mengisi waktu luang dengan kegiataan tersebut. (4) Aktif di berbagai organisasi yang seperti UKM, organisasi intra, organisasi daerah, dan komunitas lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi; Sosial; Interaksi; Mahasiswa; Papua; Masyarakat; Kota Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Groups > Ethnic Groups, Ethnography, Ethnology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: syafa s salsabillah
Date Deposited: 03 May 2024 09:19
Last Modified: 03 May 2024 09:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86781

Actions (login required)

View Item View Item