Tinjauan Siyasah Dusturiyah mengenai strategi KPU Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan partisipasi Pemilih pada Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang tahun 2019

Effendi, Listyani (2024) Tinjauan Siyasah Dusturiyah mengenai strategi KPU Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan partisipasi Pemilih pada Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang tahun 2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Pada pemilihan anggota DPRD Kab. Sumedang khususnya pada dapil empat mengalami penurunan persentase masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dari tahun 2014 sampai tahun 2019 sebesar 14%. Sedangkan pada dapil lima mengalami kenaikan persentase masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dari tahun 2014 sampai tahun 2019 sebesar 4%. Hal tersebut menjadi tugas KPU Kabupaten Sumedang untuk mengevaluasi kembali strategi meningkatkan partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi KPU Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan anggota DPRD Kabupaten Sumedang tahun 2019; (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan KPU Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan anggota DPRD Kabupaten Sumedang tahun 2019; (3) Untuk mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah mengenai hak pilih masyarakat Kabupaten Sumedang pada pemilihan anggota DPRD Kabupaten Sumedang tahun 2019. Dalam penelitian, penggunaan hak pilih masyarakat merupakan alat legitimasi bagi demokrasi. Hak pilih merupakan prasarat utama yang harus dipenuhi dalam membangun Negara bangsa yang demokratis. Penggunaan hak pilih dapat ditinjau sesuai dengan siyasah dusturiyah, dilihat dari sisi hubungan, fiqh siyasah berbicara tentang hubungan antara rakyat dan pemimpinnya sebagai penguasa yang konkret di dalam ruang dan hubungan timbal balik antara pemerintah dan warga Negara serta hak-hak warga Negara yang wajib dilindungi dalam siyasah dusturiyah. Sesuai dengan masalah yang ada dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan jenis metode kualititatif yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Pemilih; Pemilihan Anggota DPRD; Strategi KPU; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Civil Rights
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Effendi Listyani
Date Deposited: 03 May 2024 06:55
Last Modified: 03 May 2024 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86783

Actions (login required)

View Item View Item