Partisipasi pemuda dalam Mmembangun solidaritas sosial di Karang Taruna : Penelitian di RT 011 RW 018 Perumahan Sukatani Permai Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Kota Depok

Fatharani, Dini (2024) Partisipasi pemuda dalam Mmembangun solidaritas sosial di Karang Taruna : Penelitian di RT 011 RW 018 Perumahan Sukatani Permai Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Kota Depok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar ISI.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaterbelakangi oleh fakta bahwa lokasi penelitian ini memiliki pemuda terbanyak diantara 12 RT di RW 018 Perumahan Sukatani Permai. Lingkungan ini merupakan wilayah perkotaan dan termasuk ke dalam masyarakat dan pemuda yang lebih kompleks serta memiliki banyak dinamika, salah satunya identik dengan stigma bahwa masyarakatnya termasuk pemuda memiliki karakteristik yang cenderung individualis. Peneliti ingin menyatakan apakah pemuda di wilayah ini sudah menjalankan perannya sebagai pemuda dan berpartisipasi dalam membangun solidaritas di Karang Taruna. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab partisipasi pemuda dalam membangun Solidaritas Sosial berupa keaktifan di keanggotaan Karang Taruna RT 011 dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh lingkungan RT 011. Selain itu, Penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab faktor pendorong dan faktor penghambat partisipasi pemuda dalam membangun Solidaritas Sosial di Karang Taruna RT 011. Penelitian ini menggunakan Teori Solidaritas Sosial Emile Durkheim yang digunakan sebagai analisis partisipasi pemuda dalam membangun solidaritas di dalam Karang Taruna RT 011. Menurut teori tersebut terdapat 2 jenis Solidaritas yaitu Solidaritas Mekanik dan Organik yang memiliki ciri-cirinya masing-masing. Adapun fokus dari teori yang digunakan yaitu solidaritas organik yang memiliki ciri yaitu masyarakat perkotaan yang masyarakatnya yang lebih kompleks dan muncul banyak dinamika di masyarakat termasuk pemudanya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif untuk menganalisis lebih jauh mengenai partisipasi pemuda dalam membangun solidaritas sosial di Karang Taruna RT 011. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu teknik wawancara semi struktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi pemuda di Karang Taruna RT 011 RW 018 Perumahan Sukatani Permai sangat minim sehingga solidaritas yang terbangun antara anggotanya pun juga sangat minim. Adapun faktor penghambatnya yaitu tuntutan atau tanggung jawab siswa, mahasiswa, dan pekerja, kurang memadainya sarana prasarana, kurangnya dana, adanya konflik internal, dan sikap individualis pemuda. Selain penghambat tentu ada pendorong partisipasi dimana masih terdapat pemuda yang aktif berpartisiasi walaupun sedikit antara lain dorongan dari orang tua dan juga orang lain, kesadaran akan dirinya memiliki peran dan tanggung jawab sebagai pemuda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Pemuda; Solidaritas Sosial; Karang Taruna
Subjects: Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fatharani Dini
Date Deposited: 06 May 2024 01:15
Last Modified: 06 May 2024 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86788

Actions (login required)

View Item View Item