Dampak pernikahan beda agama terhadap kebebasan memilih agama pada keluarga lintas agama : Perspektif aktivis lintas iman Jakatarub

Erusmiati, Erusmiati (2024) Dampak pernikahan beda agama terhadap kebebasan memilih agama pada keluarga lintas agama : Perspektif aktivis lintas iman Jakatarub. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak..pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Pernikahan berbeda agama menjadi kasus tersendiri, yang dinilai cukup pelik karena masih mengandung pro dan kontra dari berbagai pihak, terutama dari pihak-pihak yang menilai bahwa perkawinan ini tidak sesuai dengan ajaran agama. Bahkan prosedur pelaksanaannya pun tidak diakui. Di sini negara memiliki peran untuk mencatat hubungan hukum antara seorang pria dan wanita yang nantinya akan hidup bersama dalam ikatan pernikhan beda agama dan Jakatarub merupakan komunitas lintas iman yang membangun kedamaian dalam masyarakat melaui dialog dialognya. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bagaimana dampak pernikahan beda agama terhadap kebebadan memilih agama pada anak serta pola asuh yang dilakukan oleh keluarga lintas agama agar terciptanya kedamaian dalam keluarga lintas agama serta diterima di kehidupan masyarakat. Penulis menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menguraikan suatu peristiwa atau fenomena yang berkaitan dengan penelitian penulis. Kemudian Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitialn ini penulis menggunalkaln pendekatan soaiologi agama yang dikaitkan dengan teori dari Dr. Susan Katz Miller yang menjelasakan dampak pernikahan beda agama. Kemudian dipadukan dengan pengalaman keberagamaan Glock and Startk yang membahas akan pengalaman keberagamaannya dan peneliti mewawancarai narasumber yang meneliti pokok permasalahan tentalng dampak pernikahan beda agama terhadap kebebasan memilih agama. Hasil dari penelitian ini menggiring kepada beberapa pandangan yaitu Pernikahan beda agama dalam pasangan lintas agama juga bukan hanya dilihat dari aspek agamanya saja, melainkan mereka juga melihat dari aspek sosialnya. seperti pasangan lintas agama yang saling menghormati kepercayaan tuhan nya masing-masing, komunikasi terbuka, kesepahaman terhadap perbedaan kepercayaan untuk menciptakan harmoni dalam hubungan, pola asuh yang dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya serta menciptakan kedamaian dalam kehidupan baik dalam lingkungan keluarga atau bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivis lintas iman; Kebebasan Beragama; Pernikahan
Subjects: Religious Mythology > Interreligious Relations
Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines
Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Islam > Islam and Other Belief
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Social Groups > Religious Groups
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Erusmiati Erusmiati Erusmiati
Date Deposited: 06 May 2024 01:50
Last Modified: 06 May 2024 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86797

Actions (login required)

View Item View Item