Pengaruh pola pembelajaran boarding school terhadap disiplin positif peserta didik: Penelitian di SLTA Boarding School se-Kota Bandung

Mutaqin, Iren Fathiria (2023) Pengaruh pola pembelajaran boarding school terhadap disiplin positif peserta didik: Penelitian di SLTA Boarding School se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Fenomena dari hasil studi pendahuluan saat melakukan wawancara terdapat beberapa masalah, salah satunya tentang kedisiplinan siswa. Beberapa penelitian terdahulu yang menjadi penguat penelitian yang akan diangkat salah satunya dari hasil penelitian yang dilakukan Annisa Husna Sabila tentang pengaruh kedisipinan dalam sistem Boarding school terhadap kemandirian siswa Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa “tinggi”. Dari total 42 responden, terdapat 22 siswa pada kriteria tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pola Pembelajaran Boarding school di SLTA Boarding school Se-Kota Bandung, 2) Disiplin Positif Peserta Didik di SLTA Boarding school Se-Kota Bandung, 3) Pengaruh Pola Pembelajaran Boarding school Terhadap Disiplin Positif Peserta Didik di SLTA Boarding school Se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Data penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari teknik angket adapun data sekunder berasal dari dokumentasi. Teknik analiasis pada penelitian ini menggunakan program SPSS 26 dengan Uji Instrument (Validitas dan Reliabilitas), dan program Eviews 12 SV dengan Uji Prasyarat (Normalitas dan Linearitas), Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji Koefisien Determinasi). Hasil penelitian diketahui realitas Pola Pembelajaran Boarding school menghasilkan nilai 4,31. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20 – 5,00, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Pola Pembelajaran Boarding school di SLTA Boarding school se-Kota Bandung dapat dikategorikan “Sangat Tinggi”. Hasil penelitian diketahui realitas Disiplin Positif Peserta Didik menghasilkan nilai 4,21. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20 – 5,00, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Disiplin Positif Peserta Didik pada SLTA Boarding school se-Kota Bandung dapat di kategorikan “Sangat Tinggi”. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menyatakan bahwa konstanta sebesar 27,927 dan koefisien regresi sebesar 0,364 yang menyatakan bahwa dalam setiap penambahan 1% nilai pola pembelajaran boarding school maka disiplin positif peserta didik akan bertambah sebesar 0,364. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh pola pembelajaran boarding school (variabel X) terhadap disiplin positif peserta didik (variabel Y) adalah positif. Dan nilai t hitung sebesar 3,480 lebih besar dari nilai t tabel 1,671 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Karena nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pola pembelajaran boarding school berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel disiplin positif peserta didik. nilai koefisien determinasi sebesar 13,5%, yang artinya variabel Pola Pembelajaran Boarding school memberikan kontribusi sebesar 13,5% terhadap variabel Disiplin Positif Peserta Didik. Sedangkan sisanya sebesar 86,5% disebabkan oleh oleh faktor lainnya. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya memperdalam telori disiplin positif yang terbilang baru, peneliti selanjultnya dapat melakukan penelitian berikultnya dengan variabel berbeda terhadap teori disiplin positif karena masih sedikit yang mengangkat teori tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola pembelajaran; Boarding school; disiplin positif; peserta didik
Subjects: Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iren Fathiria Mutaqin
Date Deposited: 27 May 2024 09:28
Last Modified: 31 May 2024 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86817

Actions (login required)

View Item View Item