Upacara adat pernikahan keluarga kyai: Etnografi Komunikasi pada Upacara Adat Pernikahan Keluarga Kyai Buntet Pesantren Cirebon

Pratiwi, Putri Nur (2024) Upacara adat pernikahan keluarga kyai: Etnografi Komunikasi pada Upacara Adat Pernikahan Keluarga Kyai Buntet Pesantren Cirebon. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mendalami signifikansi dari adat pernikahan keluarga kyai Buntet sebagai peristiwa yang mempunyai nilai-nilai tradisi dan komunikasi yang terjalin secara berulang dari waktu yang cukup lama. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan aktivitas komunikasi yang terjadi pada adat pernikahan keluarga kyai Buntet Pesantren Cirebon. Dengan menggunakan metode etnografi komunikasi untuk dapat mengumpulkan data secara tuntas dan mendalam pada aktivitas upacara adat pernikahan keluarga kyai Buntet Pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu guna mengutamakan pada mencari, mempelajari dan menyampaikan arti fenomena, peristiwa yang terjadi yaitu pada upacara adat pernikahan keluarga kyai Buntet Pesantren Cirebon dan hubungannya dengan orang-orang biasa dalam situasi tertentu. Penggunaan teori Etnografi Komunikasi oleh Dell Hymes bertujuan untuk menggambarkan,menganalisis dan menjelaskan perilaku komunikasi dari suatu kelompok sosial pada upacara adat pernikahan dan teori Interaksi Simbolik dan George Herbert Blumer yang berfokus pada kerangka penelitian mengenai makna dan simbol dari adat pernikahan keluarga kyai Buntet Pesantren Cirebon. Penelitian ini menggunakan paradigma Interpretif dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan pengembangan pemahaman yang membantu proses interpretasi dari kajian etnografi komunikasi pada upacara adat pernikahan keluarga kyai Buntet Pesanren cirebon. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam upacara pernikahan keluarga Kyai Buntet Pesantren terdapat dua pola komunikasi yaitu pola menyeluruh dan pola roda. Melalui komunikasi pola roda dan pola bersambung terjalin interaksi yang memperkuat hubungan sosial, mempererat ikatan keluarga, serta memperkuat solidaritas antar keluarga dan anggota masyarakat Kyai Buntet Pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi; Upacara Adat Pernikahan; Keluarga Kyai Buntet Pesantren
Subjects: Ethics of Family Relationships
Islam Umum > Islam dan Kesenian
Communities > Suburban Communities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Nur Pratiwi
Date Deposited: 06 May 2024 05:58
Last Modified: 06 May 2024 05:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86837

Actions (login required)

View Item View Item