Disiplin siswa dalam melakukan ibadah hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X SMK BAKTI NUSANTARA 666 Bandung

Masulah, Uul (2024) Disiplin siswa dalam melakukan ibadah hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X SMK BAKTI NUSANTARA 666 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Disiplin siswa dalam melakukan ibadah pada kenyataannya fakta di lapangan masih ada peserta didik yang tidak disiplin dalam beribadah, seperti pada waktu sholat berjamaah. Hal ini dapat dilihat dengan masih adanya beberapa siswa yang melalaikan salat berjamaah, bersembunyi di kelas, di toilet, maupun di kantin sekolah. Dengan memperkuat disiplin siswa diharapkan dapat mengembangkan kebiasaan siswa dalam melakukan ibadah di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Disiplin siswa kelas X dalam melakukan ibadah di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. 2) Akhlak siswa kelas X di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. 3) Hubungan disiplin ibadah siswa kelas X di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung dengan akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa akhlak siswa dalam kehidupan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya disiplin siswa dalam melakukan ibadah. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin baik disiplin siswa dalam melakukan ibadah maka semakin baik pula akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas X di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung yang berjumlah 67 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1). Disiplin siswa dalam melakukan ibadah variabel (X) berada pada kategori baik dengan skor 4,01. 2). Akhlak siswa kelas variabel (Y) SMK Bakti Nusantara 666 Kab. Bandung berada pada kategori baik dengan skor 3,78. 3). Hubungan displin siswa dalam melakukan ibadah dengan akhlak mereka di sekolah berada pada kategori sedang atau cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,70. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 5%. Uji hipotesis menunjukan t hitung 7,85 dan t tabel sebesar 1,66, menunjukan bahwa t hitung kecil dari t tabel. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara displin siswa dalam melakukan ibadah dengan akhlak mereka kelas X SMK Bakti Nusantara 666 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Siswa; Ibadah; Akhlak Siswa
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Ibadah Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masulah Uul
Date Deposited: 06 May 2024 05:53
Last Modified: 06 May 2024 05:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86872

Actions (login required)

View Item View Item