Pemberdayaan melalui Budidaya Keramba Ikan Nila dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal masyarakat : Studi deskriptif di desa Kedotan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi

Diansyah, Debi Alfa (2024) Pemberdayaan melalui Budidaya Keramba Ikan Nila dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal masyarakat : Studi deskriptif di desa Kedotan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Kekayaan Indonesia berupa sumber daya perikanan sangat luas, dengan melihat potensi yang ada di sektor perikanan maka usaha bisnis perikanan di Indonesia menunjukkan masa depan yang cerah. Salah satunya yaitu Pemberdayaan Melalui Budidaya Keramba Ikan Nila dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Lokal Masyarakat di Sungai Batanghari Desa Kedotan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi yang dapat menunjang peningkatan pendapatan kesejahteraan perekonomian masyarakat, khususnya di sekitar Sungai Batanghari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan yang dilakukan masyarakat di Sungai Batanghari Desa Kedotan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Rumusan masalah berfokus pada strategi, proses dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui keramba ikan nila dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal masyarakat. Penelitian ini menggunakan dasar teori pemberdayaan Edi Suharto yaitu tentang strategi lima pendekatan terdiri atas pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Sedangkan untuk proses menggunakan analisis SWOT menurut Freddy Rangkuti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif, dengan pendekatan studi deskripif yaitu untuk menganalisis kejadian, fenomena atau keadaan secara sosial. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pemberdayaan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal masyarakat dilakukan oleh Pemerintah Desa dan pengusaha keramba ikan nila setempat yaitu salah satunya dengan memanfaatkan aliran Sungai Batanghari melalui strategi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha keramba ikan nila dilakukan dengan cara memaksimalkan adanya peluang serta kekuatan dan meminimalkan kekurangan serta ancaman. Kedua, melalui berbagai proses pemberdayaan antara lain pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Ketiga, hasil pemberdayaan melalui pengembangan usaha keramba ikan nila ialah meningkatnya perekonomian lokal masyarakat dengan baik serta mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pengembangan Usaha; Kesejahteraan Ekonomi Lokal
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Debi Alfa Diansyah
Date Deposited: 07 May 2024 02:31
Last Modified: 07 May 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86891

Actions (login required)

View Item View Item