Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Wakaf produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif pada Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid Kota Bandung

Ismuhadi, Aldian (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Wakaf produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif pada Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Wakaf produktif sebagai bentuk filantropi Islam, dianggap sebagai alat yang efektif dalam membentuk masyarakat yang berkelanjutan secara ekonomi. Namun, untuk menjalankan wakaf produktif dengan baik, diperlukan lebih banyak organisasi yang dapat bekerja sama dengan lembaga terkait wakaf. Hingga saat ini, beberapa hambatan dalam optimalisasi dan pemberdayaan wakaf masih ada, menyebabkan masyarakat tidak mendapatkan manfaat dari hasil wakaf tersebut. Oleh karena itu, seluruh potensi dan aset yang dimiliki harus berkomitmen pada pemberdayaan ekonomi melalui wakaf produktif dengan tata kelola yang berlandaskan syariat Islam untuk mencapai kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi melalui wakaf produktif yang dilakukan oleh Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini meliputi implementasi, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil dari pengoptimalisasian aset wakaf produktif. Teori dari Kartasasmita, pemberdayaan masyarakat merupakan perwujudan capital building yang melibatkan penguatan sumber daya manusia, pengembangan kelembagaan,sistem ekonomi serta sarana dan prasarana. Peningkatan kesejahteraan diukur menggunakan teori Rosni, yang mempertimbangkan aspek kehidupan dari segi materi, fisik, mental, dan spiritual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, dengan informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data ditentukan oleh teknik triangulasi dengan melalui proses tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan aset wakaf berdampak pada berbagai aktivitas ekonomi di lingkungan Daarut Tauhiid, termasuk penyewaan aset, kerjasama, pengelolaan mandiri, dan kesempatan usaha bagi masyarakat. Pemberdayaan ekonomi oleh Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid menciptakan nilai sosial, ekonomi, dan spiritual, serta memperkuat kesadaran masyarakat akan potensi wakaf produktif sebagai sarana pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan. Dengan inovatif dalam mengelola wakaf produktif turut menciptakan aktivitas ekonomi yang bermanfaat bagi lembaga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Kesejahteraan; Wakaf Produktif
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aldian Ismuhadi
Date Deposited: 07 May 2024 03:50
Last Modified: 07 May 2024 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86913

Actions (login required)

View Item View Item