Pengaruh Mental Health terhadap perilaku pemilih genrasi Z sebagai pemilih baru pada Pemilu 2019 : Studi kasus di Kecamatan Rancasari Kota Bandung

Hartono, Nur Fitria Salsabila (2023) Pengaruh Mental Health terhadap perilaku pemilih genrasi Z sebagai pemilih baru pada Pemilu 2019 : Studi kasus di Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IVBAB)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Mental health disebut sebagai salah satu queen of knowledge pada studi psikologi yang mana akan mempengaruhi tingkah laku ataupun kebiasaan dari para individu yang hidup, sedang perilaku pemilih ialah hal yang cukup mendasari para pemilih untuk bertindak pada saat menjadi partisipan politik (pemilihan umum), yang terbagi ke dalam beberapa jenis model menurut Mujani dan Liddle, yaitu model sosiologis, model psikologis dan model pilihan rasional. Dengan maraknya pembicaraan mengenai concern generasi Z terkait mental health, dan juga telah dilaksanakannya beberapa kali pesta demokrasi di Indonesia sejak pemilihan pertama kali pada tahun 2004, maka peneliti menduga bahwasannya ada kerkaitan antara mental health yang dimiliki oleh pemilih terhadap perilaku pemilih pada saat pemilihan tersebut. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang diberikan oleh mental health dari generasi Z terhadap perilaku pemilih mereka, pun jika ada, seberapa besarkah pengaruh tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pemilih baru yang terdaftar pada KPU Kota Bandung Kecamatan Rancasari pada Pemilu tahun 2019 yang berjumlah 248 pemilih dengan menggunakan metode pengambilan sampel stratified cluster sampling. Sampel yang digunakan ialah 153 sampel berdasarkan menggunakan rumus solvin dengan tingkat error 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kesioner dengan skala likert dan dianalisis deskriptif menggunakan garis kontinum dengan jumlah kelas lima kelas. Hasil penelitan menunjukan bahwa tingkat mental health generasi Z di Kecamatan Rancasari Kota Bandung ada pada kategori baik yang mayoritas diantaranya ialah menggunakan perilaku pemilih pilihan rasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perilaku pemilih; mental health; generasi z; pemilih baru
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: hartono nur fitria salsabila
Date Deposited: 07 May 2024 05:08
Last Modified: 07 May 2024 07:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86935

Actions (login required)

View Item View Item