Pengaruh volume pembiayaan, perputaran aset, dan perputaran piutang terhadap kinerja laba perusahaan pada PT Bank Aceh Syariah sebelum, ketika terjadi, dan setelah terjadi Pandemi Covid 19

Turrafiah, Fitria Chafida (2024) Pengaruh volume pembiayaan, perputaran aset, dan perputaran piutang terhadap kinerja laba perusahaan pada PT Bank Aceh Syariah sebelum, ketika terjadi, dan setelah terjadi Pandemi Covid 19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena berkembang pesat dan kompleksnya sistem perbankan di Indonesia. Perkembangan ini tentu saja memberikan pengaruh pada linerja keuangan suatu bank, termasuk PT Bank Aceh Syariah. PT Bank Aceh Syariah yakni bank syariah terbesar di Aceh dengan total aset mencapai Rp. 10 Triliun pada akhir 2021. Untuk mengukur seberapa baik kinerja bisnis dalam mencapai tujuannya, kinerja keuangan seperti laba harus dipertimbangkan. Peneliti menduga bahwa adanya pengaruh Volume Pembiayaan, Perputaran Aset, dan Perputaran Piutang Terhadap Kinerja Laba Perusahaan. Selain itu, adanya perbedaan-perbedaan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh volume pembiayaan, perputaran aset dan perputaran piutang terhadap kinerja laba pada PT. Bank Aceh Syariah sebelum, ketika terjadi dan setelah pandemic Covid 19 pada tahun 2017-2022. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dan kepustakaan. Dokumen- dokumen dalam penelitian ini diakses dari PT. Bank Aceh Syariah melalui wesite resmi Bank Aceh Indonesia. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dengan uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis asosiatif, analisis regresi sederhana, analisis korelasi PPM, analisis koefisien determinasi, analisis uji t dan analisis uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien variabel volume pembiayaan adalah -5,023 dan nilai probabilitas sebesar -2,11 < 2,776. Hal ini menunjukkan bahwa variabel volume pembiayaan tidak berpengaruh terhadap kinerja laba. Nilai koefisien variabel perputaran aset adalah -2,55 dan nilai probabilitas sebesar 2,02 < 2,776. Hal ini menunjukkan bahwa variabel perputaran aset tidak berpengaruh terhadap kinerja laba. Nilai koefisien variabel perputaran piutang adalah 1,71 dan nilai probabilitas sebesar 6,32 > 2,776. Hal ini menunjukkan bahwa variabel perputaran piutang berpengaruh positif terhadap kinerja laba. Hasil Uji F menunjukkan bahwa nilai probabilitas 7,45 > 4,95 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Pengaruh Volume Pembiayaan Perputaran, Perputaran Aset, dan Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap kinerja laba Perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Volume Pembiayaan; Perputaran Aset; Perputaran Piutang; Kinerja Laba.
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fitria Fitria Chafida Turrafiah
Date Deposited: 07 May 2024 01:43
Last Modified: 07 May 2024 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86940

Actions (login required)

View Item View Item