Implementasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam mengatasi kemiskinan di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi

Nurfajrina, Annisa Nabila (2024) Implementasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam mengatasi kemiskinan di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari sebuah program yang dikeluarkan pemerintah guna mengatasi permasalahan kemiskinan yang terjadi di masyarakat. Namun, pada saat pelaksanaan program tersebut, timbul suatu permasalahan yaitu terjadi ketidaktepatan sasaran penerima manfaat yang seharusnya menyasar masyarakat dengan 25% ekonomi terendah di suatu wilayah, tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang sangat jauh dari kata miskin tetapi mendapatkan bantuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Cicareuh beserta faktor pendukung dan penghambatnya, serta dampak dari adanya program tersebut dalam mengatasi kemiskinan. Adapun teori yang digunakan ialah teori struktural fungsional dari Robert K. Merton. Teori tersebut memunculkan konsep keterkaitan seluruh pihak terkait serta mencoba mengkaji berjalannya suatu kebijakan melalui konsep non fungsi, fungsi manifes dan fungsi laten dalam suatu sistem. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis data yang digunakan ialah data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Partisipan pada penelitian ini adalah Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Cicareuh, Ketua RT sekaligus tokoh masyarakat RT 04, masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan masyarakat umum. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti menyimpulkan bahwa implementasi program BPNT ini sudah berjalan cukup baik tetapi belum berjalan dengan optimal. Hal tersebut terlihat dari beberapa aspek yang berjalan berjalan dengan maksimal. Faktor pendukung dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diantaranya yaitu: (a) Terjalinnya komunikasi yang baik antara pemerintah Desa Cicareuh dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM); (b) Kerjasama yang terjalin baik antara pemerintah Desa Cicareuh dengan Ketua RT setempat; (c) Fasilitas berupa pendamping yang sangat membantu para Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun faktor penghambat dari program Bantuan Non Tunai ini ialah: (a) Masih terdapatnya penerima bantuan yang tidak tepat sasaran; (b) Terdapat ketidaksamaan data mata pencaharian masyarakat dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sedangkan untuk dampak dalam mengatasi kemiskinan di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi hanya membantu Keluarga Penerima Manfaat saja (KPM), sedangkan bagi masyarakat umum yang layak mendapatkan bantuan sama sekali tidak mengurangi angka kemiskinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; BPNT; KPM; Masyarakat Umum; Kemiskinan.
Subjects: Communities > Community Sociology
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Annisa Nabila Nurfajrina
Date Deposited: 08 May 2024 04:44
Last Modified: 08 May 2024 04:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86953

Actions (login required)

View Item View Item