Program layanan bimbingan karier untuk perencanaan karier peserta didik : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kuningan

Permana, Adios Surya (2024) Program layanan bimbingan karier untuk perencanaan karier peserta didik : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Layanan bimbingan karier merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seseorang konselor terhadap konseli untuk mendapat informasi tentang diri pribadi seperti minat bakat dan informasi tentang dunia kerja serta di harapkan peserta didik mampu merencanakan masa depan sesuai minat bakat yang dimiliki. Kemampuan perencanaan karier di MAN 2 Kuningan awalnya masih sangat rendah, karena banyak di temukan peserta didik yang masih bingung untuk membuat perencanaan karier, masih ragu akan potensi yang di miliki serta belum mengetahui kenyataan dunia kerja. Adapun tujuan penelitian ialah untuk melihat bagaimana program layanan bimbingan karier untuk perencanaan karier peserta didik mampu di-jalankan dengan baik dan di-aplikasikan di MAN 2 Kuningan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif untuk mendeskripsikan serta untuk memperoleh gambaran secara sistematis atau aktual dari hasil yang di peroleh di lapangan. Adapun teori yang di-gunakan ialah teori layanan bimbingan karier dan teori perencanaan karier yang di berikan pada peserta didik berupa langkah-langkah dalam merencanakan karier serta pertimbangan dalam merencanakan karier untuk membantu peserta didik yang kesulitan membuat perencanaan karier. Hasil penelitian menyatakan bahwa peserta didik MAN 2 Kuningan mengalami perubahan yang cukup signifikat, peserta didik mengalami peningkatan kemampuan dalam perencanaan karier, karena dalam observasi awal peserta didik belum mengetahui bagaimana merencanakan karier, setelah penulis menyelesaikan penelitian menunjukan bahwa peserta didik MAN 2 Kuningan sudah cukup baik dalam merencanakan karier, seperti pengetahuan akan pemahaman diri (minat bakat, potensi, kelebihan dan kekurangan) dan informasi tentang dunia kerja (mengetahui jurusan,pekerjaan serta keterampilan yang harus di miliki).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Karier; Perencanaan Karier & Peserta Didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Adios Sury Adios Surya Permana
Date Deposited: 08 May 2024 04:46
Last Modified: 08 May 2024 04:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86987

Actions (login required)

View Item View Item