Strategi penyuluhan Narkoba Badan Narkotika Nasional Kota Bandung dalam mencegah perkembangan penyalahgunaan Narkoba di kalangan remaja Kota Bandung : Penelitian di Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kota Bandung Jalan Cianjur No. 4, Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat

Amalia, Rury (2024) Strategi penyuluhan Narkoba Badan Narkotika Nasional Kota Bandung dalam mencegah perkembangan penyalahgunaan Narkoba di kalangan remaja Kota Bandung : Penelitian di Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kota Bandung Jalan Cianjur No. 4, Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Dilatarbelakangi oleh penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, terutama di Kota Bandung, Jawa Barat, menjadi sorotan utama. Berdasarkan data BNN RI, sekitar 4,8 juta penduduk Indonesia di usia 15-64 tahun terlibat dalam penggunaan narkoba, mayoritas dari kalangan remaja. Tingginya demand menjadi salah satu faktor utama. Oleh karena itu, upaya strategi penyuluhan narkoba sangat diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan di kalangan remaja. Melalui pendekatan preventif, dalam mengatasi demand tersebut dilakukan pengurangan angka penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Kota Bandung, untuk mengetahui proses perencanaan, pengaturan, dan penerapan strategi penyuluhan narkoba yang efektif dalam mencegah perkembangan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Kota Bandung, dan untuk mengetahui hasil penyuluhan narkoba yang efektif dalam mencegah perkembangan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Kota Bandung. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari Penyuluh Narkoba, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) di BNN Kota Bandung, serta 6 remaja Kota Bandung yang pernah mengikuti program penyuluhan narkoba di BNNK Bandung. Teori yang dipilih adalah The Four Pillar Drug Strategy, meliputi empat pilar utama diantaranya, 1) Prevention, 2) Treatment, 3) Harm Reduction, dan 4) Law Enforcement. Pilar pencegahan (prevention) menjadi salah satu pilar yang menjadi fokus utama dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Upaya tersebut dimulai dengan proses strategi penyuluhan narkoba. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa strategi penyuluhan narkoba BNNK Bandung menerapkan pilar prevention (pencegahan). Pada aspek pencegahan strategi penyuluhan narkoba diterapkan melalui empat tahapan proses yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pengaturan, 3) Penerapan, dan 4) Evaluasi. Oleh karena itu penyuluhan narkoba BNN Kota Bandung telah berhasil memberikan rasa awareness terhadap remaja dalam memberikan kesadaran adanya bahaya penyalahgunaan narkoba, tersebarnya informasi, bertambahnya ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas bagi remaja Kota Bandung terkait narkoba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyuluhan Narkoba; Remaja; Pencegahan.
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rury Amalia
Date Deposited: 08 May 2024 04:54
Last Modified: 08 May 2024 04:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86994

Actions (login required)

View Item View Item