Strategi dakwah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat : Penelitian di Warga Pengajian Wanita Assalaam Bandung

Adillah, Ghaida Kamila (2024) Strategi dakwah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat : Penelitian di Warga Pengajian Wanita Assalaam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi .pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Strategi dakwah merujuk pada dalam-dalam yang sistematis dilakukan dalam rangka untuk memelihara cara-cara yang terbaik mencapai tujuan dakwah. Pilihan cara tersebut tentu dengan melihat pada efektifitasnya dan kemungkinan resiko yang harus dihadapi. Maka dari itu diperlukan juga manajeman dalam menjalankan strategi dakwah ini, agar strategi dakwah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan lembaga. Misalnya seperti Warga Pengajian Wanita Assalaam (WPWA) yang menggunakan fungsi manajeman (perencanaan. implementasi dan evaluasi) dalam menjalankan strategi dakwah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi dakwah WPWA, implementasi strategi dakwah WPWA, dan evaluasi strategi dakwah WPWA dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan strategi dakwah Warga Pengajian Wanita Assalaam (WPWA) dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1.Perumusan strategi dakwah yang diterapkan oleh WPWA dilakukan melalui raker yang dimulai dari tahap penetapan visi misi, analisis lingkungan internal maupun eksternal, tujuan jangka panjang sampai penetapan strategi dakwah.Adapun perumusan strategi dakwah yang dihasilkan adalah strategi dakwah tilawah, tazkiyah, dan ta’lim. 2.Implementasi strategi dakwah pada strategi dakwah tilawah merupakan tanggung jawab bidang majelis ta’lim dan seni budaya, strategi dakwah tazkiyah merupakan tanggung jawab seluruh kepengurusan WPWA, sedangkan strategi dakwah ta’lim merupakan tanggung jawab bidang diklat. 3.Evalulasi strategi dakwah WPWA dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dilaksanakan melalui rapat evaluasi tahunan dan dapat dilihat dari siapa saja yang mengikuti kegiatan atau program kelas khusus. Yang dimana kelas khusus ini diperuntukan untuk masyarakat atau jamaah yang memiliki minat untuk meningkatkan pemahaman keagamaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Strategi Dakwah; Pemahaman Keagamaan
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: ghaida kamila adillah
Date Deposited: 08 May 2024 06:00
Last Modified: 08 May 2024 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87079

Actions (login required)

View Item View Item