Pemberdayaan industri kreatif kerajinan Limbah Tempurung Kelapa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : Studi deskriptif oleh kelompok Manunggal karya Kelurahan Purbalingga Wetan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga

Mustofa, Ahmad Ali Aziz (2024) Pemberdayaan industri kreatif kerajinan Limbah Tempurung Kelapa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : Studi deskriptif oleh kelompok Manunggal karya Kelurahan Purbalingga Wetan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Industri kerajinan dari limbah tempurung kelapa merupakan salah satu metode dalam memperkuat perekonomian masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana industri kerajinan dari limbah tempurung kelapa dapat berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis upaya, pelaksaanaan, dan hasil pemberdayaan industri kreatif melalui kerajinan dari limbah tempurung kelapa oleh kelompok manunggal karya dalam meningkatkan perekonomian masyrakat Kelurahan Purbalingga Wetan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dan teori pelaksanaan pemberdayaan. Menurut Munawar Noor (2011) yang menyatakan bahwa pemberdayaan merupakan konsep yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun paradigma baru yang bersifat people-centered, participatory. Sedangkan teori pelaksaan pemberdayaan menurut Ambar Teguh (2004) bahwa pemberdayaan masyarakat melalui tiga tahap, penyadaran, transformasi kemampuan dan peningkatan kemampuan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya, pelaksanaan dan hasil pemberdayaan industri kreatif melalui kerajinan limbah tempurung kelapa dapat memberikan peluang kerja dan pendapatan bagi masyarakat. Biaya produksi dan pemasaran juga dapat dikelola dengan efisien. Pengembangan produk kerajinan dari limbah tempurung kelapa dapat meningkatkan daya saing usaha di sektor ini. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa pemberdayaan industri kreatif kerajinan limbah tempurung kelapa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Purbalingga Wetan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Industri Kreatif; Limbah Tempurung Kelapa; Pemberdayaan Masyarakat; Perekonomian.
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ahmad Ali Aziz Mustofa
Date Deposited: 08 May 2024 04:36
Last Modified: 08 May 2024 04:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87081

Actions (login required)

View Item View Item