Strategi pemberdayaan perempuan rawan sosial ekonomi melalui kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) : Penelitian di DP3A Kota Bandung

Hamidah, Yuni Sakila (2024) Strategi pemberdayaan perempuan rawan sosial ekonomi melalui kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) : Penelitian di DP3A Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Ketidakberdayan sering dikaitkan dengan rendahnya pendapatan, sehingga menghambat upaya mencapai keadilan sosial dan persamaan hak atas standar hidup yang layak. contoh sekelompok perempuan yang berada dalam situasi rentan secara sosial dan ekonomi perlu diberdayakan untuk meningkatkan potensi dan kesejahteraan pribadi dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi pemberdayaan perempuan rentan sosial ekonomi (PRSE) yang dilaksanakan melalui Kelompok PEKKA di DP3A Kota Bandung, serta dampaknya terhadap kelompok tersebut. Landasan pemikiran mengacu pada teori strategi pemberdayaan perempuan menurut Suharto bahwa pemberdayaan dilakukan melalui kelompok sebagai wadah intervensi. Strategi ini meliputi pendidikan, pelatihan dan dinamika kelompok untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, keterampilan dan sikap. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa individu mempunyai kemampuan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi strategi pemberdayaan dan dampaknya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi di DP3A Kota Bandung, serta wawancara dengan pihak terkait seperti koordinator lapangan DP3A Kota Bandung dan PEKKA, dan dokumentasi juga menjadi sumber data yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program pemberdayaan perempuan rentan sosial ekonomi melalui PEKKA yang difasilitasi oleh DP3A Kota Bandung berhasil memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan rentan sosial ekonomi. Melalui strategi holistik seperti pembentukan kelompok, pengembangan kepemimpinan perempuan, penguatan kapasitas anggota, dan advokasi kebijakan, program ini telah meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian, dan kondisi sosial ekonomi anggota kelompok. Dukungan dari DP3A Kota Bandung, termasuk membangun jejaring sosial dan pendidikan kesetaraan gender, merupakan bagian integral dari keberhasilan program ini. Meski menghadapi sejumlah tantangan seperti kesulitan dalam mengidentifikasi perempuan kepala keluarga dan keterbatasan anggaran, berbagai upaya, termasuk pemberian bantuan permodalan, telah dilakukan untuk mengatasinya. Dengan demikian, program PEKKA di Kota Bandung berpotensi memberikan dampak positif yang lebih luas terhadap perempuan di masyarakat dengan mencapai efektivitas dan keberlanjutan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan; Pemberdayaan Kelompok; Perempuan Rentan Sosial Ekonomi; Kelompok PEKKA
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Social Groups
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuni Sakila Uni
Date Deposited: 08 May 2024 06:03
Last Modified: 08 May 2024 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87085

Actions (login required)

View Item View Item