Destiana, Dwi Fitri (2024) Pelayanan kepemilikan e-ktp pada masyarakat Suku Baduy di desa Kanekes Kabupaten Lebak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
Abstract
E-KTP merupakan identitas yang resmi bagi warga negara yang dikeluarkan oleh lembaga penegak hukum dan berlaku diseluruh wilayah Negara Indonesia. Kepemilikan E-KTP diatur dalam UU No 23 Tahunn 2006 pasal 63 ayat 1 tentang Administrasi Kependudukan. Faktanya, hanya sedikit masyarakat suku Baduy yang memahami pentingnya memiliki e-KTP. 40% Masyarakat suku Baduy yang sudah wajib KTP tidak memiliki e-KTP karena menganggap e-KTP tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Sarana Prasana yang tidak memadaipun menjadi salah satu faktor tidak optimalnya pelayanan e-KTP di kantor Desa Kanekes. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pemerintah dalam meningkatkan kepemilikan E-KTP pada masyarakat suku Baduy di kantor Desa Kanekes, serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan kepemilikan e-KTP pada masyarakat suku Baduy. Peneliti menggunakan teori e-service menurut Khosrow Pour (2012) yaitu sistem, informasi, layanan, dan feedback. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data penelitian berdasarkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Sugiyono (2022) terdapat beberapa tahap yaitu 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Menarik kesimpulan atau verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kepemilikan e-KTP pada masyarakat suku Baduy sudah meningkat, namun masih terdapat kendala dalam pembuatan e-KTP. Hal tersebut terjadi karena terdapat beberapa kendala seperti 1) Masih adanya kendala dalam proses penginputan data; 2) Terdapat masyarakat yang belum mendapatkan informasi mengenai e-KTP; 3) Masih belum lengkapnya sarana dan prasarana pembuatan e-KTP yang ada di kantor desa Kanekes; 4) Ketidaktepatan waktu dalam proes pembuatan e-KTP. Kemudian faktor penghambat dari peningkatana kepemilikan e-KTP dipengaruhi oleh masyarakat Baduy yang kurang memahami pentingnya memiliki e-KTP dan kurangnya peran pemerintah pusat terhadap sarana dan prasarana yang ada di kantor desa Kanekes. Kata Kunci : Pellayanan Publik, e-KTP, Suku Baduy
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pellayanan Publik: e-KTP: Suku Baduy |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Dwi Fitri Destiana |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:19 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87089 |
Actions (login required)
View Item |