Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Dan Return On Assets terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016 - 2022

Al Farobby, Razan (2024) Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Dan Return On Assets terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016 - 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesenjagan teori dalam data laporan keuangan mengenai pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return On Assetss terhadap Dividend Payout Ratio. Dalam hal ini dikarenakan fenomena tidak sesuai dengan teori yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial ataupun simultan dari Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2016- 2020. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa CR dan ROA berpengaruh positif terhadap DPR, artinya apabila CR dan ROA naik, maka DPR akan naik, begitupun sebaliknya. Sedangkan DER berpengaruh negatif terhadap DPR, artinya apabila DER naik maka DPR akan turun, begitupun sebaliknya Metode penelitian menggunakan metode deskritif dan verifikatif dengan pendekatan kuantatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dalam kurun waktu penelitian yaitu periode 2016-2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows Version 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, dibuktikan dengan hasil uji t sebesar -1,998 < 2,039 dengan nilai signifikansi sebesar 0,055 > 0,05. 2) Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, dibuktikan dengan hasil uji t (-3,932 > 2,039) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. 3) Return On Assets secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 1,661 < 2.039 dengan nilai signifikansi 0,107 > 0,05. 3) Secara silmutan Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Assets berpengaruh dan signifikan Terhadap Dividend Payout Ratio, dibuktikan dengan hasil uji f sebesar 7,962 > 2,91. Dengan koefisien determinasi bahwa tiga variabel independen berpengaruh 53,4% tetapi sisanya 46,6% dipengaruhinya akibat variabel lain diluar persamaan regresi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Assets; Dividend Payout Ratio
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Fiduciary Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Razan Al Farobby
Date Deposited: 08 May 2024 07:21
Last Modified: 08 May 2024 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87101

Actions (login required)

View Item View Item