Pelaksanaan jual beli Emas Logam Mulia dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus agen distributor Emas Logam Mulia Kecamatan Cikarang

Alifia, Sinta Nur (2024) Pelaksanaan jual beli Emas Logam Mulia dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus agen distributor Emas Logam Mulia Kecamatan Cikarang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan antara satu individu dengan individu lain. Salah satu jenis barang yang sedang populer diperjualbelikan di masyarakat adalah emas. Masyarakat memilih membeli emas logam mulia sebagai investasi jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dan mekanisme jual beli emas logam mulia pada distributor emas dan mengetahui bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap aktivitas jual beli emas logam mulia dengan harapan penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat luas. Teori jual beli menyebutkan bahwa dalam transaksinya diharuskan untuk memperhatikan prinsip-prinsip jual beli. Tidak terkecuali emas dan perak memang tidak lagi berperan sebagai uang di masyarakat, tetapi saat ini kedudukan emas dan perak sebagai barang atau komoditi. Para ulama bersepakat bahwa illat riba terletak pada naqdain yakni emas dan perak memiliki nilai, yang bermaksud bahwa barang tersebut dijadikan sebagai satuan penilai barang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris. Penelitian dengan jenis data kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data-data hukum tertulis yang di kolaborasi kan dengan isu yang dihadapi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan jual beli emas logam mulia dilakukan berdasarkan prinsip Islam dengan memperhatikan timbangan dan nilai yang tidak merusak akad, tentunya dengan metode pembayaran yang sah di dalam Islam. Mekanisme jual beli emas dalam perspektif hukum ekonomi syariah menegaskan bahwa emas merupakan salah satu komoditi ribawi sehingga dalam pelaksanaan jual beli diharuskan untuk pertukaran yang senilai dan seimbang antara emas dengan nilai harga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: JUal Beli; Emas Logam Mulia; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sinta Nur Alifia
Date Deposited: 13 May 2024 00:59
Last Modified: 13 May 2024 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87107

Actions (login required)

View Item View Item