Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap praktik jual beli dengan sistem jizaf ; studi kasus pedagang yanco nata de coco di kecamatan Ciparay

Rahmi, Vivi Fadila (2024) Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap praktik jual beli dengan sistem jizaf ; studi kasus pedagang yanco nata de coco di kecamatan Ciparay. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

VIVI FADILA RAHMI: Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Praktik Jual Beli Dengan Sistem Jizaf (Studi Kasus Pedagang Yanco Nata De Coco Di Kecamatan Ciparay).Islam telah mengatur mengenai jual beli, baik dari segi rukun, syarat ataupun praktik jual beli. Salah satu praktik jual beli yang saat ini berkembang di lingkungan masyarakat yaitu praktik jual beli jizaf. Secara bahasa jizaf diartikan sebagai mengambil dalam jumlah banyak. Salah satu tempat yang memberlakukan praktik jual beli dengan sistem jizaf yaitu di Yanco Nata De Coco. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Yanco Nata De Coco menjual nata de coco dengan sistem kiloan tetapi tidak menggunakan timbangan untuk memastikan berat dari nata de coco tersebut. Tujuan dari penulisan ini untuk, pertama: untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli dengan sistem jizaf yang berlaku di Yanco Nata De Coco, kedua untuk mengetahui bagaimana akibat pemberlakuan sistem jizaf dan ketiga untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pemberlakuan sistem jizaf di Yanco Nata De Coco. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu yuridis empiris yang bersifat deskriptif analisis. Data yang digunakan yaitu data primer, sekunder dan tersier. Dengan melakukan wawancara kepada penjual dan pembeli, kemudian mencari dokumen resmi seperti fatwa dan Undang-undang, juga menggunakan kamus dan internet untuk mencari data yang diperlukan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu pertama, praktik jual beli dengan sistem jizaf yang berlaku di Yanco Nata De Coco telah memenuhi rukun dan syarat jual beli jizaf. Kedua, akibat yang ditimbulkan dari praktik jual beli jizaf di Yanco Nata De Coco tidak memberikan akibat negatif di lingkungan masyarakat. Ketiga, dari segi Hukum Ekonomi Syariah terdapat unsur gharar yasir, yaitu gharar yang tidak mempengaruhi terhadap keberlangsungan akad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual beli; jizaf; gharar.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Vivi Fadila Rahmi
Date Deposited: 08 May 2024 08:41
Last Modified: 12 May 2024 23:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87108

Actions (login required)

View Item View Item