Partisipasi masyarakat lokal dalam mewujudkan transformasi destinasi ekowisata yang berkelanjutan di Situ Bagendit Kabupaten Garut

Gunawan, Asep (2024) Partisipasi masyarakat lokal dalam mewujudkan transformasi destinasi ekowisata yang berkelanjutan di Situ Bagendit Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial suatu negara. Namun, pertumbuhan pariwisata yang tidak terkendali sering kali menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan dan budaya lokal. Untuk mengatasi tantangan ini perlu adanya transformasi pariwisata berkelanjutan. Saat ini transformasi pariwisata berkelanjutan sudah menjadi fokus utama dalam pengembangan destinasi pariwisata di era modern. Ekowisata berbasis masyarakat menekankan partisipasi aktif masyarakat lokal dalam pengelolaan, pemeliharaan, dan pembangunan destinasi pariwisata, sambil memperhatikan kelestarian lingkungan dan budaya. Di Indonesia, salah satu destinasi yang telah mengadopsi pendekatan ekowisata berbasis masyarakat adalah Situ Bagendit. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki transformasi pariwisata berkelanjutan di Situ Bagendit. Melalui pendekatan studi kasus berdasarkan pada teori Tosun yang membagi tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan pariwisata menjadi tiga tingkatan yaitu Pseudo community participation, Passive community participation dan Spontaneous community participation Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder yang didapat melalui teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian dikatakan bahwa transformasi ekowisata berbasis masyarakat di situ bagendit sangat masif dilaksanakan, meskipun dalam partisipasi masyarakatnya dirasa belum maksimal, hal ini dikarenakan keterlibatan masyarakat lokal masih diwakilkan oleh kelompok tertentu dan keterlibatan masyarakat lokal masih terbatas pada pelaksanaan saja. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti rendahnya kualitas SDM yang ada, kurangnya sosialisasi dari pemerintah, serta adanya konflik kepentingan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peranan masyarakat lokal dalam proyek ekowisata berbasis masyarakat ini tentunya perlu pendekatan secara terstruktur dengan menyediakan forum diskusi serta pelatihan dan pendidikan masyarakat seputar produk wisata, sehingga masyarakat mempunyai ruang dan kesempatan untuk berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata; Transformasi; Ekowisata; Berbasis Masyarakat
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Asep Gunawan -
Date Deposited: 08 May 2024 07:18
Last Modified: 08 May 2024 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87119

Actions (login required)

View Item View Item