Manajemen strategi Fundraising BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan kesadaran Muzakki : Studi deskriptif di BAZNAS Kota Bandung

Oktaviani, Eka Tri (2024) Manajemen strategi Fundraising BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan kesadaran Muzakki : Studi deskriptif di BAZNAS Kota Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
SKRIPSI _ COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI EKA-ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
SKRIPSI EKA_DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
SKRIPSI EKA_BAB 1.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI EKA _ BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI EKA _ BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI EKA _ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI EKA _ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Program BAZNAS Kota Bandung sebagai peran utama dalam keberlangsungan pengumpulan dan zakat. Adapun lima program BAZNAS Kota Bandung adalah Bandung Makmur, Bandung Cerdas, Bandung Peduli, Bandung Taqwa dan Bandung Sehat. Pengumpulan dana yang belum sesuai dengan target menjadi salah satu faktor utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui formulasi manajemen strategi fundraising BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan kesadaran muzakki, untuk mengatahui implementasi manajemen strategi fundraising BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan kesadaran muzakki dan untuk mengetahui evaluasi manajemen strategi fundraising BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan kesaran muzakki. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi dari Freed R David. Manajemen strategi, yaitu suatu seni dan ilmu yang didalamnya terdapat tiga tahapan yaitu: memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan meninjau objek penelitian secara langsung dengan melakukan observasi lapangan, melakukan wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen strategi yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Bandung yang terdiri dari formulasi manajemen strategi dengan menggunakan matriks SWOT untuk melihat dan membandingkan faktor internal, eksternal yang kemudian disesuaikan dengan metode fundraising. implementasi manajemen strategi fundraising yang diterapakan melalui program utama BAZNAS Kota Bandung yaitu: Bandung Makmur yang bergerak pada bidang ekonomi untuk membantu modal UMKM. Bandung Cerdas merupakan salah satu program penghimpunan dana untuk pendidikan, Bandung Peduli yaitu pengumpulan dana untuk peduli sosial, bencana dan kesulitan. Bandung Taqwa dengan pemberdayaan ekonomi dai sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan Bandung Sehat yang mengumpulkan dana untuk membantu di bidang kesehatan dan fasilitas kesehatan. Hasil dari manajemen strategi BAZNAS Kota Bandung mengalami peningkatan pada pengumpulan dana terutama pasca virus covid-19 yang mengakibatkan penurunan drastis. Kata kunci: Manajemen strategi, Fundraising, muzakki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Fundraising; BAZNAS; Muzakki; Zakat; Kesadaran;
Subjects: Islam
Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Eka Tri Oktaviani
Date Deposited: 13 May 2024 01:15
Last Modified: 13 May 2024 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87212

Actions (login required)

View Item View Item