Peran kepemimpinan ketua dkm dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama’ah ; studi kasus di Masjid Jami’ Al-falah Kp. Rawabolang, Desa. Maracang, kec. Babakancikao, Kab. Purwakarta

Hamid, Mita Jamila (2024) Peran kepemimpinan ketua dkm dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama’ah ; studi kasus di Masjid Jami’ Al-falah Kp. Rawabolang, Desa. Maracang, kec. Babakancikao, Kab. Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 Cover Skripsi Mita Jamila Hamid.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak Skripsi Mita Jamila Hamid.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 Daftar Isi Skripsi Fiks Mita Jamila Hamid.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 BAB 1 Skripsi Mita Jamila Hamid.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 BAB II Skripsi Mita Jamila Hamid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6 BAB III Skripsi Mita Jamila Hamid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV Skripsi Mita Jamila Hamid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Daftar Pustaka Skripsi Fiks Mita Jamila Hamid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)

Abstract

Peran ketua DKM merupakan kunci utama mencapai kesuksesan sebuah institusi. Berkembang atau tidaknya suatu masjid, tergantung pada peran kepemimpinannya. Jama’ah yang paham atau tidak akan keagamaan tidak terlepas dari program direalisasikan oleh ketua DKMnya. Maka dari itu, ketua DKM dari masjid, harus menjalankan peranannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ketua DKM, pengelompokan peran ketua DKM, dan hasil peran ketua DKM dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama’ah. Metode penelitian ini mengunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola dan temuan utama terkait peran kepemimpinan Ketua DKM dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama'ah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori level kepemimpinan dari Kyai Haji Saadih Al-Batawi, dan teori tipe beserta fungsi kepemimpinan yang dipaparkan oleh Widarto mengenai leadership atau kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan Ketua DKM memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama'ah. Level kepemimpinan yang dilaksanakan oleh ketua DKM dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama'ah, yang didalamnya termasuk level kepemimpinan tingkat individu (Akur Sakujur), level kepemimpinan tingkat keluarga (Akur sadapur), dan level kepemimpinan tingkat komunitas dan negara (akur sadulur jeung salembur), dan level kepemimpinan profetik. Dalam tipe kepemimpinan yang terbagi menjadi delapan tipe, diantaranya kepemimpinan klasik, dan kepemimpinan situasional, tipe kepemimpinan berdasarkan sifat pembawaan, kepemimpinan berdasarkan perilaku, kepemimpinan karismatik, kepemimpinan transasional, kepemimpinan visioner atau transformasional dan kepemimpinan organik. Dalam Fungsi kepemimpinan diantaranya fungsi perencanaan, fungsi pengambilan keputusan dan fungsi memberi motivasi, fungsi penetapan, fisik fungsi pengembangan loyalitas, dan fungsi pengawasan.Dan adanya kontribusi pemikiran Ketua DKM dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jama’ah Temuan dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pemahaman tentang pentingnya peran kepemimpinan dalam konteks keagamaan, serta memberikan masukan bagi pihak-pihak terkait untuk meningkatkan efektivitas manajemen masjid dan pemahaman keagamaan jama'ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran kepemimpinan; Dewan Kemakmuran Masjid; Pemahaman Keagamaan
Subjects: Islam
Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Islamic Leaders
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Jamila Hamid Mita
Date Deposited: 13 May 2024 07:58
Last Modified: 13 May 2024 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87216

Actions (login required)

View Item View Item