Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) ; studi pada PT. Polychem Indonesia Tbk. Periode 2010-2022).

Denhas, Hapid (2024) Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) ; studi pada PT. Polychem Indonesia Tbk. Periode 2010-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi mengenai Pengaruh Debt to asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Polychem Indonesia Tbk. Debt to Asset Ratio (DAR) merupakan rasio solvabititas yang digunakan untuk mengukur seberapa besar aktiva perusahaan yang dibiayai oleh utang. Sedangkan Operating Profti Margin (OPM) ialah rasio untuk mengukur perusahaan untuk menghasilkan laba sebelum bunga dan pajak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Debt to asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Pertumbuhan Laba; mengetahui pengaruh Operating Profit Margin (OPM) secara parsial terhadap pertumbuhan Laba; mengetahui Pengaruh Debt to asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) secara simultan terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Polychem Indonesia Tbk periode 2010-2022. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis Deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Polychem Indonesia Tbk. Periode 2010-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas), analisis uji asosiatif (analisis Korelasi berganda, regresi sederhana dan berganda, analisis koefisiensi determinasi, analisis uji hipotesis, uji signifikansi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F).Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Debt to Asset Ratio (DAR) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan regresi sebesar (-0, 27.441). Secara Parsial Operating Profit Margin (OPM) berpengaruh tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan Koefesien regresi sebesar 0,816. Dan Secara simultan Debt to Asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) tidak berpengaruh dan tidak signifikan tehadap Pertumbuhan Laba. Dengan nilai koefesien R Square (R2) sebesar 0,317 0atau 31,7%, sedangkan lebihnya sebesar 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Debt to asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) dan Pertumbuan Laba

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to asset Ratio (DAR); Operating Profit Margin (OPM); Pertumbuan Laba
Subjects: Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hapid Hapid Denhas
Date Deposited: 13 May 2024 03:51
Last Modified: 13 May 2024 03:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87222

Actions (login required)

View Item View Item