Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover Ratio (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk periode 2013-2022

Yulyanti, Hany (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover Ratio (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh konteks bisnis global yang dinamis, fluktuasi harga bahan baku, serta persaingan antar perusahaan yang semakin ketat, berdampak pada probabilitas perusahaan mengalami Financial Distress. Adanya asumsi teori Current Ratio dan Total Asset Turnover Ratio yang tinggi mencerminkan Interest Coverage Ratio pun tinggi, sehingga probabilitas terjadinya Financial Distress akan rendah. Masalah yang akan muncul ketika nilai Current Ratio dan Total Asset Turnover Ratio mengalami peningkatan, tetapi nilai Interest Coverage Ratio mengalami penurunan, begitupun sebaliknya. Seperti yang terjadi pada PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, periode 2013-2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap prediksi Financial Distress (FD), menganalisis pengaruh Total Asset Turnover Ratio (TATO) secara parsial terhadap Financial Distress (FD). Serta menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover Ratio (TATO) secara simultan terhadap prediksi Financial Distress (FD) pada PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk., Periode 2013-2022. Penelitian ini memiliki kerangka berpikir yang menggambarkan adanya hubungan yang saling berpengaruh antara Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover Ratio (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD) yang diproksikan dengan Interest Coverage Ratio (ICR). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data skunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk., (periode 2013-2022). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif, uji asosiatif, dan uji hipotesis. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS for Windows Version 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh signifikan terhada prediksi Financial Distress (FD) dengan hasil uji hipotesis thitung 4,064 > 2,306 ttabel sehingga H1 diterima; (2) Total Asset Turnover Ratio (TATO) berpengaruh tidak signifikan terhadap Financial Distress (FD) dengan hasil uji hipotesis thitung 2,109 < 2,306 ttabel, sehingga H2 diterima; (3) Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover Ratio (TATO) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress (FD) dengan hasil uji hipotesis fhitung 9,000 > 4,74 ftabel, sehingga H3 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Asset Turnover Ratio (TATO); Financial Distress (FD); Interest Coverage Ratio (ICR)
Subjects: Business > Data Processing and Analysis of Business
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hany Yulyanti
Date Deposited: 14 May 2024 02:51
Last Modified: 14 May 2024 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87292

Actions (login required)

View Item View Item