Hukum penggunaan bitcoin perspektif Syeikh Taha Ibnu Yusuf karaan kepala Mufti Dewan Peradilan muslim Afrika Selatan dan Syeikh Syauqi Ibrahim Abdul Karim ‘Allam Mufti Agung Mesir.

Noviyanti, Hera (2024) Hukum penggunaan bitcoin perspektif Syeikh Taha Ibnu Yusuf karaan kepala Mufti Dewan Peradilan muslim Afrika Selatan dan Syeikh Syauqi Ibrahim Abdul Karim ‘Allam Mufti Agung Mesir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER..pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbedanya pendapat para ulama mengenai hukum penggunaan bitcoin. Ada yang berpendapat halal dan ada yang berpendapat haram, peneliti berharap masyarakat mengetahui alasan dari perbedaan pendapat hukum penggunaan bitcoin, lebih banyak maslahah atau madharatnya, bagaimana bictoin ini bekerja agar kita tidak hanya mengikuti oranglain akan tetapi sudah paham dan dapat menerima konsekuensi yang kemungkinan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang melatarbelakangi Fatwa Syeikh Taha Ibnu Yusuf Karaan dari Afrika Selatan dan Fatwa Syeikh Syauqi Ibrahim Abdul Karim ‘Allam dari Mesir tentang penggunaan bitcoin. Penelitian ini juga bertujuan untuk meneliti dasar hukum dan pertimbangan yang digunakan oleh kedua Syeikh dalam menetapkan hukum bitcoin, serta untuk mengevaluasi dampak dan implikasi hukum dari fatwa yang berbeda tersebut. Kerangka teori yang digunakan terdiri dari tiga pendekatan utama untuk mengungkap hukum penggunaan bitcoin. Pertama adalah teori ijtihad, yang merupakan usaha keras untuk menemukan hukum (syara') dengan menerapkan salah satu dalil tanpa terikat pada metode tertentu. Kedua adalah teori muqaranah, yang melibatkan perbandingan dan analisis berbagai pendapat yang berbeda dalam suatu masalah dengan merujuk pada dalil-dalil syariat. Ketiga adalah menggunakan teori fatwa, yang merujuk pada kerangka konseptual atau dasar teoritis untuk mengkaji fenomena fatwa dalam konteks hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan yuridis normatif. Pendekatan ini sering digunakan dalam penelitian hukum untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan hukum yang bersifat konseptual atau untuk memahami dasar hukum suatu permasalahan. Data dikumpulkan melalui studi pustaka yang melibatkan analisis teks fatwa dan literatur hukum terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penerbitan fatwa tentang bitcoin meliputi konteks sosial, ekonomi, dan teknologi di masing-masing negara, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip hukum Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pendekatan interpretatif terhadap sumber-sumber hukum Islam yang digunakan oleh kedua Syeikh dalam menetapkan hukum bitcoin. Fatwa-fatwa tersebut juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat, baik dalam konteks ekonomi maupun sosial. Fatwa-Fatwa tentang bitcoin tidak hanya mencerminkan perbedaan konteks sosial dan hukum di masing-masing negara, tetapi juga menggambarkan perbedaan dalam interpretasi hukum Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fatwa ; Bitcoin ; Hukum Islam ;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Hera Noviyanti
Date Deposited: 13 May 2024 06:03
Last Modified: 13 May 2024 06:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87327

Actions (login required)

View Item View Item