Pengelolaan Wakaf Uang secara Online di hubungkan dengan Fatwa DSN MUI no. 2 tahun 2002 : Studi kasus di Wakaf Salman ITB Kota Bandung

Dwi Septiani, Mutia (2024) Pengelolaan Wakaf Uang secara Online di hubungkan dengan Fatwa DSN MUI no. 2 tahun 2002 : Studi kasus di Wakaf Salman ITB Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak untuk memudahkan wakif untuk berwakaf uang secara online jika wakif tersebut tinggal di Negara lain wakif bisa berwakaf. Wakaf Uang secara online ini bisa dilakukan di website Wakaf Salman ITB. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Wakaf Uang secara online di Wakaf Salman ITB dan di hubungkan dengan Fatwa DSN MUI No.2 Tahun 2002 tentang Wakaf Uang terhadap pengelolaan Wakaf Uang di Wakaf Salman ITB. Adapun Teori atau kerangka berfikir penelitian ini didasarkan pada Wakaf, Wakaf Uang,Pengelolaan Wakaf Uang,dan Fatwa DSN MUI No.2 Tahun 2002 Tentang Wakaf Uang. Dalam penelitian ini metode pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dimana data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Staf Wakaf Salman ITB dan sumber data sekunder diambil dari sumber lain seperti buku, jurnal, web internet dan website Wakaf Salman ITB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Pengelolaan Wakaf Uang secara online di Wakaf Salman ITB sesuai dengan Fatwa DSN MUI No.2 Tahun 2002.2) Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembayaran wakaf secara online adalah bagaimana pelaksanaan dalam pembayaran wakaf uang secara online, apakah ada saksinya dan dalam Undang -Undang No.41 Tahun 2004 bahwa ikrar wakaf harus dilakukan oleh wakif kepada nadzir dengan disaksikan 2 orang saksi.Akan tetapi di Wakaf Salman ITB dilaksanakan secara online maka sulit untuk menyempurnakan syarat wakaf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wakaf; Wakaf online; DSN MUI No 2 Tahun 2002; Wakaf Salman ITB.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Mutia Dwi Septiani
Date Deposited: 13 May 2024 06:41
Last Modified: 13 May 2024 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87349

Actions (login required)

View Item View Item