Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Harum Energy Tbk. periode 2013-2022

Putri, Maritza Zahwa Arinditya (2024) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Harum Energy Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)

Abstract

Perpajakan merupakan salah satu sumber pendanaan terpenting bagi negara Indonesia, adanya pendapatan dari pajak akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik. Pajak dapat berdampak besar pada pendapatan pemerintah dan penganggaran APBN, pemerintah Indonesia telah membuat berbagai kebijakan dan peraturan perpajakan untuk memaksimalkan pendapatan departemen perpajakan. Hal ini perusahaan selaku wajib pajak mengindetikkan pajak sebagai beban yang ingin dihindari karena dapat mengurangi laba bersih perusahaan. Adanya perbedaan kepentingan antara pemerintah dengan wajib pajak menimbulkan tindakan penghindaran pajak atau tax avoidance oleh wajib pajak dalam bentuk memanfaatkan celah undang-undang perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Return On Assets (ROA) secara parsial terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR); 2) Pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Cash Effective Tax Rate(CETR); 3) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) secara simultan terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR). Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Return on assets (ROA) dan Current Ratio (CR) berpengaruh positif terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR). Artinya apabila Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) mengalami kenaikan maka Cash Effective Tax Rate (CETR) akan mengalami kenaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data bersifat kuantitatif dengan sumber data yang diperoleh dari data sekunder, berupa laporan keuangan pada PT Harum Energy Tbk. Periode 2013-2022 Teknik pengumpulan data diperoleh dengan studi kepustakaan dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dilakukan uji asumsi klasik, analisis deskriptif, dan analisis uji hipotetis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa: 1) Return On Assets (ROA) berpengaruh negatif tidak signifikan secara parsial terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR; 2) Current Ratio (CR) berpengaruh negatif tidak signifikan secara parsial terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR); 3) Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) berpengaruh tidak signifikan secara simultan terhadap Cash Effective Tax Rate (CETR) Nilai koefisien determinasi sebesar 37,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain sebesar 62,6% yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return on assets (ROA); Current Ratio (CR); Cash Effective Tax Rate (CETR)
Subjects: Accounting > Tax Accounting
General Management
General Management > Management for Enterprises
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Maritza Zahwa
Date Deposited: 14 May 2024 03:03
Last Modified: 14 May 2024 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87366

Actions (login required)

View Item View Item