Pengaruh Time Interest Ratio (TIER) dan Cash Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia: Studi di PT Rukun Raharja Tbk. Periode 2013-2022

Ahmad, Ismawati (2024) Pengaruh Time Interest Ratio (TIER) dan Cash Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia: Studi di PT Rukun Raharja Tbk. Periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan finansial yang baik sangat penting bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Perusahaan yang sehat secara finansial mencerminkan kinerja perusahaan yang efisien dalam hal mengalokasikan modalnya untuk memperoleh laba yang optimal. Return on Equity (ROE) merupakan salah satu rasio yang mengukur seberapa efisien penggunaan modal yang diberikan oleh pemegang saham untuk menghasilkan laba tanpa harus mengorbankan aset perusahaan. ROE dipengaruhi oleh beberapa indikator, salah satunya adalah TIER yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar bunga utangnya dan CR yang mengukur kemampuan perusahaan dalam hal likuiditas untuk memenuhi kewajibannya dari kas yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh secara parsial dari Time Interest Earned Rasio (TIER) terhadap Return on Equity (ROE), pengaruh Cash Ratio (CR) secara parsial terhadap Return on Equity (ROE) dan pengaruh Time Interest Earned Ratio (TIER) dan Cash Ratio (CR) secara simultan terhadap Return on Equity (ROE). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari laporan keuangan PT Rukun Raharja Tbk. periode 2013-2022. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis deskriptif dan uji hipotesis (taraf signifikansi 5%) yang diuji melalui SPSS for windows versi 26 sebagai penunjang pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa: 1) Time Interest Earned Rasio (TIER) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai thitung 0.025 < ttabel 1.687; 2) Cash Ratio (CR) secara parsial berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai -thitung 2.474 < -ttabel -1.687; dan 3) Secara simultan, Time Interest Earned Ratio (TIER) dan Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai fhitung 3.149 < ftabel 3.25.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Time Interest Earned Ratio; Cash Ratio; Return On Equity
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ismawaati Ahmad
Date Deposited: 14 May 2024 03:08
Last Modified: 14 May 2024 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87367

Actions (login required)

View Item View Item