Dampak objek wisata Bungursari Lake Park terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Bungursari Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta

Maharani, Ratu (2024) Dampak objek wisata Bungursari Lake Park terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Bungursari Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover RM.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak RM.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi RM.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 RM.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 RM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 RM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 RM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Objek wisata telah menjadi sektor potensial dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Keberadaan objek wisata di suatu wilayah akan berdampak pada kehidupan masyarakat di sekitarnya, seperti objek wisata bungursari lake park yang memiliki dampak, salah satunya adalah pada kesempatan kerja masyarakat lokal yang didalamnya terdapat proses pemberdayaan. Upaya pemberdayaan masyarakat lokal penting dilakukan untuk mengoptimalkan pengelolaan objek wisata, yang kini merupakan sektor ekonomi global. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui objek wisata bungursari lake park dalam membuka kesempatan kerja dan upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Penelitian ini mengadopsi teori-teori seperti dampak objek wisata terhadap kesejahteraan ekonomi oleh Salah Wahab, proses pemberdayaan dari Imron Ali, dan teori kesejahteraan ekonomi oleh Prof. Pigou untuk mengetahui dampak Bungursari Lake Park terhadap perekonomian lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kualitatif untuk menyajikan data yang akurat sesuai dengan realitas lapangan, memungkinkan observasi, wawancara, dan dokumentasi aspek penting terkait dampak objek wisata terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bungursari Lake Park cukup berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kesempatan kerja dan pemberdayaan. Hal ini terlihat dari meningkatnya pendapatan, Pendidikan, Kesehatan. Proses pemberdayaan sesuai dengan hasil penelitian, yaitu tahap persiapan, pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Untuk tahap formulasi Rencana Tindakan dan terminasi tidak sesuai dengan pemberdayaan masyarakat lokal yang berada di daerah Objek Wisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Objek Wisata; Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ratu Maha Rani
Date Deposited: 14 May 2024 00:47
Last Modified: 14 May 2024 00:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87372

Actions (login required)

View Item View Item