Analisis fiqh syirkah terhadap kerjasama budidaya ikan karamba di Waduk Darma Kabupaten Kuningan

Saripah, Siti (2024) Analisis fiqh syirkah terhadap kerjasama budidaya ikan karamba di Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -2.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -11-12.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -15-38.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -39-72.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -73-104.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -105-107.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi Siti Saripah- DIGILIB -108-110.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Kerjasama budidaya ikan karamba di Waduk Darma dalam pelaksanaanya tidak sejalan dengan prinsip syariah terkhusus dalam sistem bagi hasil penjualan ikan yang menimbulkan perdebatan antar pihak serta terdapat gharar dan tadlis yang menunjukkan pada pelanggaran terhadap prinsip muamalah. Tujuan umum dari pengkajian penelitian ini dilakukan untuk menganalisis aspek fiqh syirkah dalam konteks kerjasama budidaya ikan karamba di Waduk Darma Kabupaten Kuningan yang melibatkan pemahaman tentang bagaimana prinsip-prinsip syariah dapat diterapkan. Fiqh syirkah merupkan cabang dari fiqh muamalah, adapun di dalamnya terdapat akad-akad yang di gunakan yang menjadi dasar hukum pelaksanaan kegiatan muamalah, mulai dari dalil, rukun dan syarat yang harus di penuhi,serta prinsip yang di pegang dalam fiqh syirkah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik deskriptif analisis yaitu metode yang dilakukan untuk mengetahui gambaran, keadaan suatu hal dengan cara mendeskripsikannya sedetail mungkin berdasarkan fakta yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerjasama budidaya ikan karamba di waduk darma tidak menerapkan fiqh syirkah dalam pelaksanaanyanya sehingga hal yang bertentangan dengan prinsip muamalah terjadi seperti gharar, tadlis dan adanya konflik sebagai akibat dari tidak ditentukannya akad kerjasama. Eksistensi kerjasama budidaya ikan karamba di Waduk Darma masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fiqh Syirkah; Prinsip Muamalah; Kerjasama Budidaya Ikan   : Fiqh Syirkah, Prinsip Muamalah dan Kerjasama Budidaya Ikan.   Fiqh Syirkah, Prinsip Muamalah dan Kerjasama Budidaya Ikan.  Fiqh Syirkah, Prinsip Muamalah dan Kerjasama Budidaya Ikan.  Fiqh Syirkah, Prinsip Muamalah dan Kerjasama Budidaya Ikan.   Fiqh Syirkah; Kerjasama; Budidaya Ikan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: siti saripah
Date Deposited: 14 May 2024 03:13
Last Modified: 14 May 2024 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87377

Actions (login required)

View Item View Item