Pengaruh Net Sales, Profit Changes, Inflasi dan Kurs Dolar terhadap Basic Earning Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Trisula International Tbk

Gali, Ki Sunan (2024) Pengaruh Net Sales, Profit Changes, Inflasi dan Kurs Dolar terhadap Basic Earning Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Trisula International Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini di latarbelakangi oleh asumsi teori Net Sales yang besar Profit Changes yang besar, Inflasi yang kecil, dan Kurs Dolar yang tinggi mencerminkan Basic Earning Per Share yang tinggi. Masalah yang akan muncul apabila Net Sales mengalami peningkatan, Profit Changes mengalami peningkatan, Inflasi mengalam penurunan dan Kurs Dolar meningkat justru Basic Earning Per Share menurun begitupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. Trisula International Tbk. Periode triwulan I tahun 2016 hingga triwulan II tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh Net Sales, Profit Changes, Inflasi, Kurs Dolar secara parsial maupun simultan terhadap Basic Earning Per Share yang diteliti pada pada PT. Trisula International Tbk. Periode triwulan I tahun 2016 hingga triwulan II tahun 2023. Kerangka teori pada studi ini mengacu pada sejumlah pernyataan ahli keuangan dan temuan studi sebelumnya yang mengungkapkan bila kian tinggi Net Sales dihasilakan dari pada beban kewajiban sehingga didapat keuntungan dan semakin besarnya Profit Changes maka Basic Earning Per Share yang didapat semakin tinggi, selanjutnya jika Inflasi mengalami penurunan maka Basic Earning Per Share yang didapat semakin tinggi dan semakin tinggi Kurs Dolar terhadap rupiah maka Basic Earning Per Share semakin tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis dekriptif dengan pendekatan kuantitaif. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Trisula International Tbk. periode triwulan I tahun 2016 hingga triwulan II tahun 2023. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara parsial Net Sales terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Basic Earning Per Share dengan hasil uji koefisien determinasi 1,1% dan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 0,565 < 2,048. (2) secara parsial Profit Changes terbukti berpengaruh signifikan terhadap Basic Earning Per Share dengan hasil uji koefisien determinasi 94,7% dan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 22,358 >. 2,048. (3) secara parsial Inflasi terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Basic Earning Per Share dengan hasil uji koefisien determinasi 7,7% dan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 1,534 < 2,048. (4) secara parsial Kurs Dolar terbukti berpengaruh signifikan terhadap Basic Earning Per Share dengan hasil uji koefisien determinasi 16,5% dan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 2,354 > 2,048. (5) secara simultan bahwa Net Sales, Profit Changes, Inflasi dan Kurs Dolar terhadap Basic Earning Per Share berpengaruh signifikan dengan hasil uji koefisien determinasi 94,9% dan nilai perbandingan Fhitung dengan Ftabel yaitu 116,698 > 2,76.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Sales; Profit Changes; Inflasi; Kurs Dolar; dan Basic Earning Per Share.
Subjects: Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ki Sunan Gali
Date Deposited: 14 May 2024 00:57
Last Modified: 14 May 2024 00:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87380

Actions (login required)

View Item View Item