Penerapan metode mnemonic rhyme untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MI Jati 1 Cianjur

Nurhasanah, Neng Siti (2023) Penerapan metode mnemonic rhyme untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MI Jati 1 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang sering terjadi dalam dunia pendidikan yaitu faktor kurangnya kompetensi pendidik dalam pengelolaan kelasnya, seperti masih banyak ditemukannya pembelajaran teacher centered yang mendominasi selama proses mengajar belajar. untuk menjawab permasalahan di atas adalah dengan menggunakan metode mnemonic rhyme. Metode ini merupakan suatu cara dalam pembelajaran yang menekankan memori/daya ingat dan kesenangan sehingga memudahkan siswa menghafal materi yang cukup banyak dengan cara menuangkannya dalam bentuk nyanyian kesukaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode mnemonic rhyme dalam meningkatkan hasil kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas III MI yang terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Data dikumpulkan melalui tes hasil kognitif yang meliputi aspek pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan setelah intervensi metode mnemonic rhyme diterapkan selama dua siklus, yang dimana setiap siklus terdapat dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mnemonic rhyme pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Di MI Jati 1 Cianjur menunjukan hasil observasi pada aktivitas guru dan siswa siklus I dan II semua tindakan telah terjadi peningkatan nilai persentase aktivitas yang menunjukan keberhasilan penerapan metode mnemonic rhyme pada proses pembelajaran. Hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di kelas III dengan metode mnemonic rhyme pada setiap siklus I dengan hasil nilai rata-rata 72.59 dengan persentase klasikal 51.85% yang telah tuntas. Hal tersebut menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa masih pada kategori kurang yang dimana harus dilakukan evaluasi agar mendapatkan hasil yang baik pada siklus berikutnya. Selanjutnya siklus II dengan hasil nilai rata-rata 82.03% dengan persentase klasikal ketuntasan belajar sebesar 96.2%. Hal tersebut menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa masih pada kategori sangat baik karena hampir 100% siswa menuntaskan nilai belajar kognitifnya. Metode mnemonic rhyme tersebut berhasil diterapkan pada kelas III di MI Jati 1 Cianjur untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mnemonic rhyme; IPA; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam
Islam > Islam and Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurhasanah Neng siti
Date Deposited: 21 May 2024 02:04
Last Modified: 21 May 2024 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87415

Actions (login required)

View Item View Item