Pengaruh Equity Multiplier dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT United Tractors Tbk. periode 2013-2022)

Indriani, Melida (2024) Pengaruh Equity Multiplier dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT United Tractors Tbk. periode 2013-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan usaha baik yang bersifat operasional maupun non operasional tentunya memiliki tujuan tertentu, dan salah satunya yaitu memperoleh keuntungan (profit) demi kelangsungan hidup perusahaannya dan mampu mengembangkan perusahaan tersebut dengan baik. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Return On Equity (ROE) digunakan sebagai alat untuk mengukur profitabilitas perusahaan dengan membandingkan laba bersih setelah pajak dengan modal sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Equity Multiplier secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. periode 2013-2022; 2) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. periode 2013-2022; 3) Pengaruh Equity Multiplier dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. periode 2013-2022. Menurut kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini, Equity Multiplier memiliki pengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE). Dengan demikian, teori yang dapat disimpulkan adalah bahwa jika Equity Multiplier naik, maka Return On Equity (ROE) pun akan mengalami kenaikan dan jika Debt to Equity Ratio (DER) naik, maka Return On Equity (ROE) mengalami penurunan, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang digunakan berasal dari laporan keuangan PT. United Tractors Tbk. periode 2013-2022. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif serta analisis signifikansi. Pengelolaan dan perhitungan data menggunakan Software SPSS for Windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Equity Multiplier secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE). 2) Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE). 3) Equity Multiplier dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Nilai koefisien determinasi sebesar 36%, sedangkan sisanya sebesar 64% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Equity Multiplier; Debt to Equity Ratio (DER); Return On Equity (ROE)
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Melida Indriani
Date Deposited: 15 May 2024 09:00
Last Modified: 15 May 2024 09:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87421

Actions (login required)

View Item View Item