Pengaruh piutang kontribusi dan properti investasi terhadap total aset pada perusahaan Asuransi Syariah : Studi di PT Asuransi Takaful Keluarga periode 2013-2022

Aditya F, M Fadillah (2024) Pengaruh piutang kontribusi dan properti investasi terhadap total aset pada perusahaan Asuransi Syariah : Studi di PT Asuransi Takaful Keluarga periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Perusahaan asuransi syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang berperan memberikan perlindungan proteksi terhadap risiko yang akan dihadapi masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsp Islam. Dalam prosesnya perusahaan asuransi syariah perlu menyajikan laporan keuangan yang cukup, relevan, transparan, dan dapat dipercayai sesuai dengan PSAK no 108. Pada laporan keuangan PT Asuransi Takaful Keluarga ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi total aset, seperti piutang kontribusi dan properti investasi. Piutang kontribusi merupakan sejumlah tagihan kepada tertanggung yang timbul dari transaksi asuransi dengan diterbitkannya sertifikat penjaminan. Properti investasi merupakan aset yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk disewakan sehingga memberi penghasilan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh Piutang Kontribusi secara parsial terhadap Total Aset pada PT Asuransi Takaful Keluarga Periode 2013-2022; 2) Untuk mengetahui pengaruh Properti Investasi secara parsial terhadap Total Aset pada PT Asuransi Takaful Keluarga Periode 2013-2022; 3) Untuk mengetahui pengaruh Piutang Kontribusi dan Properti Investasi secara simultan terhadap Total Aset pada PT Asuransi Takaful Keluarga periode 2013-2022. Kerangka teori yang digunakan merujuk pada penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa jika piutang kontribusi dan properti investasi naik maka total aset pun akan mengalami kenaikan, sebaliknya jika piutang kontribusi dan properti investasi turun maka total aset akan mengalami penurunan. Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT Asuransi Takaful Keluarga Periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis uji asosiatif (analisis regresi linear, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi) serta analisis signifikansi dalam bentuk uji T dan uji F dengan pengelolaan dan perhitungan data menggunakan Software SPSS for Windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Piutang Kontribusi secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan besaran nilai koefisien determinasi sebesar 33%; 2) Properti Investasi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan besaran koefisien determinasi sebesar 78,6%; 3) Piutang Kontribusi dan Properti Investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Total Aset besaran koefisien determinasi sebesar 83,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Syariah; Piutang Kontribusi; Properti Investasi; Total Aset.
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: M Fadillah Aditya F
Date Deposited: 16 May 2024 01:22
Last Modified: 16 May 2024 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87422

Actions (login required)

View Item View Item