Implementasi keputusan Dirjen BIMAS no.1012 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Pranikah Bagi Remaja Usia Sekolah oleh Seksi BIMAS Kementerian Agama Kabupaten Cianjur

Hanan, Rafie Muhammad Yasril (2024) Implementasi keputusan Dirjen BIMAS no.1012 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Pranikah Bagi Remaja Usia Sekolah oleh Seksi BIMAS Kementerian Agama Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Berdasarkan ketetntuan dalam UU No 16 Tahun 2019, bahwasanya dipasal 7 poit pertama disebutkan perkawinan boleh diizinkan jika lelaki maupun wanita telah memenuhi usia 19 tahun, oleh sebab itu untuk memberikan pemahaman atas perkawinan, perlu adanya bimbingan remaja usia sekolah agar pernikahan dini dapat dicegah. Yang dimana di atur dalam Keputusan Dirjen BIMAS No.1012 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Pranikah Bagi Remaja Usia Sekolah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Program Pelaksanaan Keputusan Dirjen BIMAS No. 1012 Tahun 2022 oleh Kementerian Agama Kabupaten Cianjur. 2). Efektivitas penerapan Keputusan Dirjen BIMAS No. 1012 Tahun 2022 oleh Kementerian Agama Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis empiris. dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi pustaka. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah Teori saddu al-dzariah yang dikemukakan oleh Ibnu Qayyim, yang berkaitan dengan Implementasi Keputusan Dirjen BIMAS No. 1012 Tahun 2022. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Pelaksanaan bimbingan pranikah bagi remaja usia sekolah di Kementerian Agama Kabupaten Cianjur jika dilihat dari Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat No. 1012 Tahun 2022 ini masih belum maksimal dalam aturan mekanisme pelaksanaanya, yaitu pada jumlah sesi yang tidak sesuai dikarnakan waktu yang kuran, materi yang belum tersampaikan menyeluruh dan peserta yang tidak sesuai dengan apa yang terdapat dalam Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat No.1012 Tahun 2022. 2). Efektifitas pelaksanaan bimbingan remaja usia sekolah oleh Seksi Bimbingan Masyarkat Islam di MAN 1 Cianjur berjalan cukup efektif. Hukum dan peraturan yang cukup baik, pelaksana/petugas yang kompeten bersertifikat dan ahli dalam bidangnya, sarana dan prasarana yang memadai merupakan salah satu penunjang utama dari efektifnya pelaksanaan bimbingan remaja usia sekolah. Antusiasme atau semangat peserta bimbingan yang mengikuti bimbingan remaja usia sekolah di MAN 1 Cianjur menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan perkawinan dapat berjalan dengan baik meskipun terdapat adanya hambatan dalam pelaksanaan nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Seksi Bimbingan Masyarakat Islam; Bimbingan Pranikah; Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam No.1012 Tahun 2022.
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Rafie Muhammad Yasril Hanan
Date Deposited: 14 May 2024 08:39
Last Modified: 14 May 2024 12:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87438

Actions (login required)

View Item View Item