Pengaruh Investment Opportunity Set dan Return On Capital Employed terhadap Cash Flow Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Panin Sekuritas Tbk periode 2013-2022)

Muwaffaqillah, Daffa Diwani (2024) Pengaruh Investment Opportunity Set dan Return On Capital Employed terhadap Cash Flow Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Panin Sekuritas Tbk periode 2013-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Pasar saham syariah di Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat selama beberapa tahun terakhir. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) menjadi tolak ukur penting dalam mengukur performa saham-saham yang memenuhi prinsip-prinsip syariah. Dalam konteks ini, analisis kinerja keuangan perusahaan menjadi sangat penting dalam pengambilan keputusan investasi. Salah satu indikator yang signifikan dalam analisis kinerja adalah Cash Flow Per Share, yang menggambarkan potensi aliran kas yang bisa diterima oleh setiap pemegang saham perusahaan. Investment Opportunity Set dan Return On Capital Employed juga merupakan faktor yang penting dalam menganalisis kinerja keuangan perusahaan. Investment Opportunity Set mencakup berbagai peluang investasi yang tersedia bagi perusahaan, sementara Return On Capital Employed mengukur efisiensi dan profitabilitas penggunaan modal perusahaan. Kedua faktor ini dapat mempengaruhi Cash Flow Per Share suatu perusahaan yang nantinya akan tercermin dalam Harga Saham perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar (1) pengaruh Investment Opportunity Set secara parsial terhadap Cash Flow Per Share secara parsial (2) pengaruh Return On Capital Employed terhadap Cash Flow Per Share secara parsial (3) pengaruh Investment Opportunity Set dan Return On Capital Employes terhadap Cash Flow Per Share secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang berisi analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi Person Product Moment, analisis koefisien determinasi sederhana dan berganda, dan analisis uji signifikansi. Untuk pengolahan data digunakan program SPSS For Macbook V.29.0 dan Microsoft Excel 2023. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan PT. Panin Sekuritas Tbk periode 2013-2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Investment Opportunity Set secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Cash Flow Per Share dengan nilai t hitung < t tabel (0,856 < 2,364). (2) Return On Capital Employed secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Cash Flow Per Share dengan nilai t hitung > t tabel (-1,160 < 2,364). (3) Investment Opportunity Set dan Return On Capital Employed secara simultan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Cash Flow Per Share pada PT. Panin Sekuritas Tbk Periode 2013-2022 karena memiliki nilai fhitung > ftabel (0,978 < 4,07) dengan besaran pengaruh sebesar 21,80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Investment Opportunity Set; Return On Capital Employed; Cash Flow Per Share
Subjects: Financial Economics, Finance > Capital
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Diwani Muwaffaqillah Daffa
Date Deposited: 16 May 2024 01:01
Last Modified: 16 May 2024 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87460

Actions (login required)

View Item View Item