Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri rumahan: Studi Deskriptif di Viafurnicraft, Desa Astapada, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon

Anjani, Fadilah (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri rumahan: Studi Deskriptif di Viafurnicraft, Desa Astapada, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang sering mempengaruhi populasi umum, terutama di negara negara berkembang. Pemberdayaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sambil memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat. Dalam hal ini seharusnya ada penanganan lebih serius. Misalnya, menyediakan lapangan pekerjaan dan mendirikan industri rumahan atas dasar keinginan merubah masyarakat menjadi produktif serta mensejahterakan masyarakat yang tinggal disekitar industri rumahan, memberikan pengetahuan dan pelatihan. Industri rumahan yang ada di desa menjadi salah satu alternatif untuk penyerapan tenaga kerja, mengurangi angka pengangguran di desa tersebut. Salah satunya yaitu industri rumahan rotan sintetis ini dianggap memiliki pengaruh terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya dalam bidang kerajinan rotan sintetis ini semakin diminati pasar lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebuah proses produksi yang meliputi proses pelatihan, proses pembinaan dan proses pendampingan. Kemudian mengetahui proses pemasaran yang ada di industri rumahan rotan viafurnicraft. serta mengetahui hasil dari pemberdayaan industri rumahan rotan sintetis melalui lima dimensi proses pemberdayaan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori menurut Perkins dan Zimmerman yang di kutip dalam buku Suharto (2014) menyatakan bahwa pemberdayaan terdapat dua hal di dalamnya yaitu proses yang meliputi: Tindakan, kegiatan atau struktur. Kedua yaitu hasil yang meliputi: kinerja atau tingkatan hasil yang ingin dicapai dari yang diberdayakan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik perolehan data dengan cara obeservasi ke industri rumahan rotan sintetis viafurnicraft, dan rumah karyawan, wawancara dengan pengelola serta pemilik industri rumahan rotan sinttis viafurnicraft, serta analisis data kedua yang relevan. Hasil penelitian ini adalah (1) proses yang dilalui meliputi beberapa tahapan yang berkesinambungan. Tahapan tersebut dimulai dengan proses penyadaran, di mana dilakukan sosialisasi awal kepada warga sekitar tentang potensi dan peluang yang ada. Selanjutnya, terjadi proses transformasi, yang mencakup pemberian pelatihan dan pembinaan bagi para karyawan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Selain itu, terdapat juga proses peningkatan intelektualdan yang terakhir yaitu proses pemasaran: (2) Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri rumahan rotan sintetis ini telah terbukti signifikan. Perubahan tersebut dapat diamati dari perubahan masyarakat yang awalnya kurang produktif menjadi lebih produktif secara ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; ekonomi; industri rumahan rotan sintetis
Subjects: Econmics
Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fadilah Anjani Anjani
Date Deposited: 15 May 2024 02:16
Last Modified: 15 May 2024 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87465

Actions (login required)

View Item View Item