Pemberdayaan masyarakat dalam meminimalisir stunting melalui Program Posyandu: Studi deskriptif di Desa Sindang Mulya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi

Puspitasari, Belia (2024) Pemberdayaan masyarakat dalam meminimalisir stunting melalui Program Posyandu: Studi deskriptif di Desa Sindang Mulya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-2.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-9-12.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-17-39.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-40-69.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-70-104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-105-109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Belia-Pemberdayaan Masyarakat dalam Meminimalisir Stunting melalui Program Posyandu-110-115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena stunting di Desa Sindang Mulya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi masih dirasakan oleh masyarakat, karena angka stunting masih mengalami peningkatan di masyarakat. Dengan demikian, masyarakat yang stunting mengalami lambatnya pertumbuhan, mudah terkena penyakit, dan menurunnya kemampuan kognitif pada anak. Hal tersebutlah yang menjadikan hambatan bagi kehidupan mereka dan bagi masyarakat yang memiliki kualitas kesehatan yang rendah tentunya akan menghambat pada kehidupan di massa depan yang lebih menantang dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia untuk meminimalisir stunting, mengetahui tingkat kesadaran masyarakat dalam meminimalisir stunting, serta untuk mengetahui kontrol dan pengambilan keputusan pemerintah setempat dalam menanggulangi problematika stunting. Dalam mengkaji penelitian ini, menggunakan teori sebagai tinjauan analisis yaitu teori dimensi pemberdayaan yang dikemukakan oleh Julian Rappaport yang meliputi tujuh dimensi diantaranya (1) Kontrol dan pengambilan keputusan, (2) Sumber daya, (3) Keterampilan, (4) Kesadaran, (5) Solidaritas sosial, (6) Perubahan, dan (7) Pembebasan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan deskriptif dengan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data serta mendeskripsikan kejadian, kegiatan atau aktivitas pada waktu penelitian dilakukan secara aktual. Dengan menguraikan, menggambarkan, mencatat, menganalisis dan menginterpretasikan kejadian-kejadian dan fakta-fakta yang ditemukan menjadi hasil penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Posyandu di Desa Sindang Mulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi memiliki kompetensi dalam meminimalisir stunting melalui program pemberdayaan masyarakat. Adapun indikator dalam program pemberdayaan stunting adalah melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menciptakan perubahan positif untuk mengatasi masalah stunting, perubahan pola asuh orang tua menjadi terarah dan lebih baik lagi serta meningkatkan kesadaran orang tua untuk lebih mengontrol dan memperhatikan anak, seperti memperhatikan makanannya, cara ia belajar, bermain, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Stunting; Pemberdayaan; Pencegahan Kenaikan
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Belia Puspitasari Sari
Date Deposited: 16 May 2024 04:22
Last Modified: 16 May 2024 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87468

Actions (login required)

View Item View Item