Penerapan model problem solving laboratory untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor

Agustina, Verawati (2018) Penerapan model problem solving laboratory untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_absrtak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di MAN 1 Majalengka menunjukkan rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains terutama pada mata pelajaran fisika khususnya materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving laboratory dan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain penelitian one-group-pretest-posttest-design. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Majalengka. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA. Pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan cara undian. Sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 3 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan keterampilan proses sains peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk tes uraian. Selain itu peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor diperoleh dari perhitungan N-Gain menggunakan uji Liliefors dengan hasil 0,67 terketegori sedang. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem solving laboratory pada materi suhu dan kalor

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problem solving laboratory; keterampilan proses sains; suhu dan kalor
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Verawati Agustina
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:46
Last Modified: 30 Apr 2018 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8747

Actions (login required)

View Item View Item