Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program Patriot Desa di Jawa Barat: Studi deskriptif pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat

Amalia, Erna (2024) Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program Patriot Desa di Jawa Barat: Studi deskriptif pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Provinsi Jawa Barat yang masih kompleks, menjadikan Gubernur Jawa Barat (2018-2023) Bapak Ridwan Kamil merumuskan Program Patriot Desa yang menjadi salah satu dari 15 Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Dengan tingginya usia produktif di Jawa Barat, menjadikan Program Patriot Desa merekrut pemuda-pemudi Jawa Barat yang ingin ikut andil dalam pembangunan desa. Sejak tahun 2019, pemerintah Jawa Barat meluncurkan Program Patriot Desa untuk mengatasi permasalahan yang ada di Desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, tujuan jangka panjang, dan upaya pelaksanaan dari adanya Program Patriot Desa di Jawa Barat melalui dikirimkannya agen perubahan ke desa yang menjadi wilayah dampingan Patriot Desa yang sesuai dengan teori Marrus. Didukung dengan teori pemberdayaan masyarakat menurut Effendi dan Sugandini yang menyatakan bahwa pemberdayaan masyarakat merupakan sebuah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan fenomenologi dan paradigma kontruktivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Patriot Desa dilakukan dengan melalui human investment atau dengan mengirimkan seseorang yang berhasil lolos tahap seleksi ke desa yang menjadi wilayah dampingannya. Proses rencana adalah agar meningkatnya partisipasi dan kapasitas masyarakat guna ikut serta dalam pembangunan desa. Tujuan Jangka Panjang adalah dengan melahirkan penggerak- penggerak lokal desa yang akan melanjutkan pemberdayaan masyarakat di desa. Dan upaya pelaksanaanya adalah dengan melalui tujuh tahapan diantaranya, adaptasi, penyadaran masyarakat, peningkatan kapasitas, pengorganisasian, aksi, dinamika, dan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemberdayaan Masyarakat; Program Patriot Desa
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Erna Amalia Amalia
Date Deposited: 15 May 2024 02:59
Last Modified: 15 May 2024 02:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87501

Actions (login required)

View Item View Item